Road to Final Bagas/Fikri di French Open 2023, Final Keempat pada 2023

Capai 2 final beruntun dalam 2 pekan

Ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi perwakilan Indonesia pertama yang memastikan diri ke final French Open 2023. Hal tersebut dipastikan usai mereka memenangi pertandingan babak semifinal yang berlangsung pada Sabtu (28/10/2023) di Rennes, Prancis.

Bagi Bagas/Fikri, ini merupakan final kedua mereka secara beruntun setelah final Denmark Open 2023 pekan lalu. Selain itu, final ini juga menjadi final keempat mereka di turnamen BWF World Tour tahun ini. Simak road to final Bagas/Fikri di French Open 2023 lewat ulasan berikut ini!

1. Mengalahkan pasangan Jepang pada babak pertama

Road to Final Bagas/Fikri di French Open 2023, Final Keempat pada 2023Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi (instagram.com/yoshinori.takeuchi1008)

Langkah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di French Open 2023 dimulai ketika menghadapi wakil Jepang pada babak pertama. Mereka berhadapan dengan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi yang duduk di peringkat 27 dunia. Pada laga yang menjadi pertemuan perdana mereka ini, Bagas/Fikri sukses mengantongi kemenangan lewat pertarungan tiga set yang berlangsung selama 50 menit dengan skor 16-21, 21-11, dan 21-10. 

2. Membuat kejutan dengan memulangkan unggulan pada babak kedua

Road to Final Bagas/Fikri di French Open 2023, Final Keempat pada 2023Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri kembali dihadapkan dengan wakil Jepang pada babak kedua. Lawan yang mereka hadapi adalah Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang merupakan unggulan keenam di turnamen ini. Meski menghadapi unggulan, pada babak ini, Bagas/Fikri justru meraih kemenangan dengan lebih mudah dibandingkan babak sebelumnya. Mereka menang dua set langsung dengan skor 21-14 dan 23-21 dalam waktu 37 menit. Kemenangan ini tercatat sebagai kemenangan ketiga Bagas/Fikri atas ganda putra terbaik Negeri Sakura tersebut. Rekor pertemuan mereka menjadi imbang 3-3 setelah laga ini.

Baca Juga: Keluar dari Lubang Jarum, Bagas/Fikri ke Final French Open 2023

3. Menang atas wakil Denmark pada babak perempat final

Road to Final Bagas/Fikri di French Open 2023, Final Keempat pada 2023Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard (badminton.dk)

Pada babak perempat final, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berjumpa dengan sesama pemain nonunggulan asal Denmark, Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard, yang juga menciptakan kejutan pada babak sebelumnya. Pada laga ini, Bagas/Fikri mengemas kemenangan 2 set langsung dengan skor 21-11 dan 21-17 dalam durasi 38 menit. Ini merupakan kemenangan pertama pada pertemuan pertama Bagas/Fikri dengan ganda putra Denmark tersebut.

4. Membekuk ganda putra baru China pada babak semifinal

Road to Final Bagas/Fikri di French Open 2023, Final Keempat pada 2023He Ji Ting/Ren Xiang Yu (weibo.com/BWF)

Lagi-lagi Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berjumpa dengan pemain nonunggulan lainnya. Kali ini, pada babak perempat final, mereka dihadapkan dengan He Ji Ting/Ren Xiang Yu yang merupakan duet baru asal China. Pada laga yang merupakan pertemuan pertama mereka ini, Bagas/Fikri merengkuh kemenangan melalui laga superketat. Mereka menang dalam pertandingan tiga set yang berlangsung selama 70 menit dengan skor 21-16, 19-21, dan 22-20. Berkat kemenangan ini, Bagas/Fikri tercatat sebagai ganda putra kedua yang berhasil mengalahkan He/Ran di turnamen internasional.

5. Bersua dengan unggulan ketujuh asal Denmark pada partai pemungkas

Road to Final Bagas/Fikri di French Open 2023, Final Keempat pada 2023Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Pada laga pemungkas, Bagas/Fikri akan bersua dengan wakil Denmark yang diunggulkan di posisi ketujuh, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Astrup/Rasmussen sendiri menembus partai final usai menumbangkan unggulan kedelapan asal China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, pada babak semifinal. Laga ini akan menjadi pertemuan kedua mereka. Sebelumnya, mereka sudah saling berhadapan di Denmark Open 2021 lalu. Kala itu, Bagas/Fikri menelan kekalahan tiga set dengan skor 21-19, 11-21, dan 17-21.

Berat langkah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri untuk merengkuh gelar pertama mereka tahun ini di French Open 2023. Mereka tertinggal secara peringkat dan rekor pertemuan dengan sang lawan pada babak final. Namun, segala hal dapat terjadi di lapangan. Akankah kejutan dari Bagas/Fikri terus berlanjut?

Baca Juga: Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya