Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!

Final World Tour keempat Jojo tahun ini

Jonatan Christie dari sektor tunggal putra memastikan diri menjadi wakil kedua sekaligus terakhir Indonesia yang melenggang ke final French Open 2023. Jojo dipastikan akan tampil pada partai final setelah mengantongi kemenangan pada babak semifinal yang berlangsung di Rennes, Prancis, pada Sabtu (28/10/2023).

Final French Open 2023 ini menjadi final turnamen World Tour keempat Jojo tahun ini. Sebelumnya, ia sudah mencicipi manisnya partai final di turnamen Indonesia Masters 2023, Japan Open 2023, dan Hong Kong Open 2023. Berikut road to final Jojo di French Open 2023.

1. Sikat wakil Jepang pada babak pertama

Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!Kenta Nishimoto (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Jonatan Christie mengawali pertarungannya di French Open 2023 dengan berjumpa wakil Jepang, Kenta Nishimoto. Ini merupakan pertemuan ke-17 Jojo dengan Nishimoto di turnamen resmi. Pada laga ini, Jojo berhasil membukukan kemenangan dua set langsung dengan skor 21-11 dan 21-19 dalam durasi 45 menit. Ini menjadi kemenangan kesembilan Jojo dari Nishimoto. Rekor pertemuan mereka saat ini berubah menjadi 9-8 untuk keunggulan Jojo.

2. Menang tiga set atas wakil Taiwan pada babak kedua

Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!Lin Chun Yi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Babak kedua French Open 2023 Jonatan Christie lalui dengan menghadapi tunggal putra muda Taiwan, Lin Chun Yi. Pada laga ini, Jojo harus bermain 3 set selama 55 menit untuk merebut kemenangan. Jojo dipastikan menang dengan skor 21-14, 7-21, dan 21-11. Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama atas tunggal putra peringkat 24 dunia tersebut. Selain itu, ini juga menjadi satu-satunya kemenangan tiga set Jojo sebelum partai final.

Baca Juga: Keluar dari Lubang Jarum, Bagas/Fikri ke Final French Open 2023

3. Menundukkan unggulan ketiga asal Jepang pada babak perempat final

Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!Kodai Naraoka (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Jonatan Christie berjumpa dengan tunggal putra Negeri Sakura lainnya pada babak perempat final. Kali ini, ia menghadapi Kodai Naraoka yang merupakan tunggal putra terbaik Jepang sekaligus unggulan ketiga di French Open kali ini. Pada laga perempat final ini, Jojo meraih kemenangan dua set langsung dengan skor 21-8 dan 25-23. Meski hanya berjalan dua set, laga ini berlangsung cukup lama, yakni selama 64 menit. Bagi Jojo, ini merupakan kemenangan keduanya atas Naraoka setelah kalah pada dua pertemuan sebelumnya. Rekor pertemuan mereka saat ini menjadi sama kuat (2-2).

4. Menumpas wakil Singapura pada babak semifinal

Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!Loh Kean Yew (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Pada babak semifinal, Jonatan Christie menghadapi satu-satunya wakil Singapura yang tersisa, yakni Loh Kean Yew. Pada laga ini, Jojo meraih kemenangan dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-13 dalam waktu 45 menit. Ini merupakan kemenangan ke-7 Jojo secara beruntun dari 7 pertemuannya dengan Loh Kean Yew. Jojo belum pernah menelan kekalahan atas Juara Dunia 2021 tersebut. Rekor pertemuan mereka saat 7-0 untuk keunggulan Jojo.

5. Berjumpa wakil China pada laga final

Road to Final Jonatan Christie di French Open 2023, Momen Comeback!Li Shi Feng (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Sampai di laga pemungkas, Jonatan Christie akan menghadapi unggulan kedelapan asal China, Li Shi Feng. Li sendiri melaju ke partai puncak setelah menumpas wakil Malaysia, Ng Tze Yong, pada babak semifinal. Final French Open 2023 ini akan menjadi pertemuan keempat Jojo dengan Li Shi Feng. Sejauh ini, dalam tiga pertemuannya dengan Li, Jojo belum pernah mengalami kekalahan. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Thomas Cup 2022. Saat itu, Jojo meraih kemenangan dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-18.

Jonatan Christie maupun Li Shi Feng sama-sama membidik gelar BWF World Tour ketiga mereka tahun ini. Jojo sebelumnya sudah menjadi juara di Indonesia Masters 2023 dan Hong Kong Open 2023. Sementara itu, Li sudah menjuarai All England 2023 dan US Open 2023.

Baca Juga: Apriyani/Fadia Kandas di Semifinal French Open 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya