Road to Final Jonatan Christie di Japan Open 2023, Jadi Runner-up!

Jojo capai final Japan Open keduanya

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, sukses menapakkan kakinya ke partai final Japan Open 2023. Hal tersebut dipastikan usai ia menumbangkan wakil India pada babak semifinal yang berlangsung, Sabtu (29/7/2023), di Yoyogi 1st Gymnasium, Tokyo, Jepang.

Bagi pemain yang akrab disapa Jojo ini, final Japan Open 2023 menjadi final keduanya tahun ini sekaligus final keduanya di Japan Open. Tak mudah bagi Jojo untuk mencapai titik ini. Terlebih lagi, performanya sempat memburuk usai menjuarai Indonesia Masters 2023 pada Januari 2023 silam. Intip road to final penuh perjuangan Jonatan Christie di Japan Open 2023 pada ulasan berikut, yuk!

1. Bantai wakil Malaysia pada babak pertama

Road to Final Jonatan Christie di Japan Open 2023, Jadi Runner-up!Cheam June Wei (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Jojo mengawali Japan Open 2023 dengan kemenangan telak atas wakil Malaysia, Cheam June Wei. Dalam waktu 28 menit, Jojo menaklukkan wakil Malaysia tersebut dengan skor 21-7 dan 21-9. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan pertama Jojo atas Cheam June Wei. Pada pertemuan sebelumnya yang merupakan pertemuan pertama mereka, Jojo menelan kekalahan tiga set dengan skor tipis 16-21, 21-17, dan 22-24 di Kejuaraan Beregu Asia 2020.

Baca Juga: 6 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023

2. Revans dari wakil China pada babak kedua

Road to Final Jonatan Christie di Japan Open 2023, Jadi Runner-up!Weng Hong Yang (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Jojo juga sukses revans atas lawannya pada babak kedua. Berhadapan dengan Weng Hong Yang asal China, Jojo sukses meraih kemenangan untuk pertama kalinya dengan skor 21-15 dan 21-14 dalam waktu 46 menit. Jojo sendiri belum pernah meraih kemenangan atas Weng Hong Yang sebelumnya. Ini menjadi kali pertama ia merengkuh kemenangan setelah menelan kekalahan pada dua pertemuan pertama mereka.

3. Sikat unggulan ketiga pada babak perempat final

Road to Final Jonatan Christie di Japan Open 2023, Jadi Runner-up!Kunlavut Vitidsarn (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Lagi-lagi Jojo sukses mencatatkan revans pada babak perempat final. Kali ini, ia membalas kekalahannya di Sudirman Cup 2023 dari tunggal putra terbaik Thailand, Kunlavut Vitidsarn, yang diunggulkan di posisi ketiga. Jojo menang dua set langsung dalam durasi 44 menit dengan skor 21-16 dan 21-16. Selain mencatatkan revans, kemenangan ini juga membuat Jojo unggul dalam rekor pertemuannya atas Vitidsarn dengan 4-3. 

4. Tundukkan wakil India pada babak semifinal

Road to Final Jonatan Christie di Japan Open 2023, Jadi Runner-up!Lakshya Sen (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Pada babak semifinal, Jojo dihadapkan dengan satu-satunya tunggal putra nonunggulan, Lakshya Sen, dari India. Berbeda dengan kemenangan pada babak sebelumnya, kali ini Jojo harus bertarung tiga set untuk merebut kemenangan. Ia memenangi laga yang berlangsung selama 68 menit dengan skor 21-15, 13-21, dan 21-16. Kemenangan itu menjadi kemenangan kedua Jojo secara berturut-turut atas Lakshya Sen. 

5. Hadapi tunggal putra terbaik dunia pada partai final

Road to Final Jonatan Christie di Japan Open 2023, Jadi Runner-up!Viktor Axelsen (instagram.com/viktoraxelsen)

Tunggal putra nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, menjadi lawan Jojo pada partai final. Laga final Japan Open 2023 ini menjadi pertemuan kesepuluhnya dengan peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo tersebut. Sayangnya, Jojo gagal merebut gelar dan harus puas berakhir sebagai runner-up usai tumbang dengan skor 7-21 dan 18-21.

Meski finis sebagai runner-up, pencapaian Jojo di turnamen ini cukup impresif jika dibandingkan dengan pencapaiannya di beberapa turnamen terakhir yang ia ikuti. Setelah Japan Open 2023, ia akan mengikuti Australia Open 2023 yang akan dilangsungkan pada 1—6 Agustus 2023 di Sydney, Australia.

Baca Juga: Jonatan Christie Tembus Final Japan Open Lewat Drama Tiga Game

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya