5 Turnamen Terakhir yang Diikuti Pramudya/Yeremia, Resmi Pisah!

Pramudya akhiri kariernya di pelatnas

Pebulu tangkis spesialis ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardhana, mengumumkan pengunduran dirinya dari Pelatnas PBSI pada Senin (18/12/2023) lalu melalui kanal YouTube resmi PBSI. Ia memutuskan mundur lantaran ingin melanjutkan studinya ke Australia. Selain itu, ia juga merasa kesehatan mentalnya terganggu serta kurangnya keyakinan untuk bisa menembus Olimpiade 2024 Paris.

Di Pelatnas PBSI sendiri, Pramudya aktif berpasangan dengan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Mereka saat ini menduduki peringkat 18 dunia sektor ganda putra. Pengunduran diri Pramudya dari Pelatnas PBSI secara otomatis mengakhiri karier mereka sebagai  pasangan ganda putra Indonesia. Berikut daftar lima turnamen terkahir yang diikuti Pramudya/Yeremia sebelum resmi berpisah. 

1. Capai perempat final di Arctic Open 2023

5 Turnamen Terakhir yang Diikuti Pramudya/Yeremia, Resmi Pisah!Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (pbsi.id)

Arctic Open 2023 menjadi 1 dari 5 turnamen terakhir yang diikuti Pramudya/Yeremia. Pada turnamen super 500 ini, mereka sukses mencapai babak perempat final. Langkah mereka diadang wakil Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee, lewat pertarungan dua set langsung selama 35 menit dengan skor 20-22 dan 18-21.

2. Terhenti pada babak pertama Denmark Open 2023

5 Turnamen Terakhir yang Diikuti Pramudya/Yeremia, Resmi Pisah!Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan saat menghasilkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Setelah tampil di Arctic Open 2023, pada pekan berikutnya Pramudya/Yeremia mentas di turnamen super 750, yakni Denmark Open 2023. Sayangnya, penampilan mereka di turnamen ini tak sebaik di Arctic Open 2023. Mereka langsung tersingkir pada babak pertama usai kalah dari rekan senegara, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang diunggulkan di posisi ketiga. Pramudya/Yeremia tunduk dalam pertandingan dua set dengan skor 28-30 dan 15-21 dalam waktu 34 menit.

Baca Juga: Pramudya Kusumawardana Resmi Gantung Raket

3. Kembali agkat koper pada babak pertama French Open 2023

5 Turnamen Terakhir yang Diikuti Pramudya/Yeremia, Resmi Pisah!Pramudya Kusumawardhana dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (pbsi.id)

Masih di turnamen Eropa, kali ini Pramudya/Yeremia unjuk gigi di turnamen bulu tangkis terbesar di Prancis, French Open 2023. Pada turnamen super 750 ini, Pramudya/Yeremia lagi-lagi harus angkat koper pada babak pertama. Perjuangan mereka berakhir usai dibungkam unggulan kedua dari China, Liang Wei Keng/Wang Chang, dengan skor 15-21 dan 21-23 dalam durasi 31 menit.

4. Tumbang pada babak kedua Japan Masters 2023

5 Turnamen Terakhir yang Diikuti Pramudya/Yeremia, Resmi Pisah!Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (pbsi.id)

Usai tampil di French Open 2023, Pramudya/Yeremia tak mengikuti turnamen lagi selama beberapa pekan. Baru pada turnamen Japan Masters 2023 mereka kembali turun. Perjalanan mereka di turnamen super 500 tersebut selesai pada babak kedua. Mereka dihentikan unggulan ketujuh asal China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, dalam pertandingan yang berlangsung selama 32 menit dengan skor 19-21 dan 13-21.

5. Tembus perempat final China Masters 2023

5 Turnamen Terakhir yang Diikuti Pramudya/Yeremia, Resmi Pisah!Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Turnamen terakhir yang diikuti Pramudya/Yeremia adalah China Masters 2023. Pada turnamen super 750 ini, mereka sukses melesat ke babak perempat final. Sayangnya langkah mereka harus terhenti setelah menelan kekalahan dari wakil China, Chen Bo Yang/Liu Yi, dengan skor 19-21 dan 19-21 dalam waktu 53 menit.

Dalam lima turnamen terakhirnya, performa Pramudya/Yeremia dapat dikatakan tak terlalu bagus. Mereka hanya mampu melaju sejauh babak perempat final.

Baca Juga: Kesehatan Mental Jadi Alasan Utama Pramudya Gantung Raket

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya