Update Peringkat Pebulu Tangkis Indonesia usai Orleans Masters 2024

Banyak yang naik peringkat!

Peringkat bulu tangkis dunia terbaru yang dirilis BWF pada, Selasa (19/3/2024) lalu, tak hanya menambahkan poin dari turnamen All England 2024. Poin dari turnamen Orleans Masters 2024 yang digelar bersamaan dengan All England 2024 juga turut dihitung dalam peringkat BWF terbaru.

Hal tersebut tentu memengaruhi peringkat bulu tangkis dunia, tak terkecuali pebulu tangkis Indonesia. Ada lima pebulu tangkis Indonesia yang tampil di Orleans Masters 2024. Sebagian besar dari mereka mengalami perubahan peringkat mulai dari peningkatan hingga penurunan. Bagaimana kondisi peringkat mereka sekarang?

Simak melalui update peringkat pebulu tangkis Indonesia usai Orleans Masters 2024 berikut!

1. Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani melejit 10 tingkat

Update Peringkat Pebulu Tangkis Indonesia usai Orleans Masters 2024Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (pbsi.id)

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani menjadi pebulu tangkis Indonesia dengan perubahan peringkat paling signifikan setelah Orleans Masters 2024. Ganda putra nonpelatnas ini mencatatkan kenaikan peringkat yang fantastis sebesar 10 tingkat dari urutan 49 dunia menjadi urutan 39 dunia dengan total 36.070 poin. Di Orleans Masters 2024 sendiri, mereka berhasil menembus final. Meski gagal meraih gelar juara setelah dikalahkan ganda putra Malaysia, pencapaian mereka itu sudah cukup untuk mendongkrak peringkat BWF mereka.

Baca Juga: 8 Update Peringkat BWF Ganda Putra Dunia setelah All England 2024

2. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi tak mengalami perubahan peringkat

Update Peringkat Pebulu Tangkis Indonesia usai Orleans Masters 2024Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang tak berubah peringkatnya setelah tampil di Orleans Masters 2024. Mereka masih menjadi ganda putri nomor 2 Indonesia di bawah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dengan berada di peringkat 17 dunia lewat koleksi 54.444 total poin. Saat berlaga di Orleans Masters 2024, mereka diunggulkan di urutan pertama. Alih-alih meraih gelar juara, mereka justru langsung angkat koper pada babak kedua setelah kalah dari ganda putri China, Wang Ting Ge/Wang Yi Duo, dengan skor 19-21 dan 10-21.

3. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose naik empat tingkat

Update Peringkat Pebulu Tangkis Indonesia usai Orleans Masters 2024Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose menjadi ganda putri Indonesia dengan progres peringkat paling baik di antara ganda putri Indonesia lainnya setelah tampil di Orleans Masters 2024. Mereka berhasil menaikkan peringkatnya sebesar 4 tingkat dari posisi 33 dunia ke posisi 29 dunia dengan akumulasi poin 44.276 poin. Peningkatan ini tentu tak lepas dari penampilan ciamik mereka selama Orleans Masters 2024. Mereka sukses membawa pulang gelar juara meski hanya menjadi unggulan di posisi keenam. Hasil tersebut juga menjadikan mereka satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang berhasil menjuarai Orleans Masters 2024.

4. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto harus rela turun tiga tingkat

Update Peringkat Pebulu Tangkis Indonesia usai Orleans Masters 2024Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (pbsi.id)

Berbeda dengan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose, ganda putri Indonesia lainnya, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, justru mengalami penurunan peringkat. Mereka menjadi satu-satunya ganda putri Indonesia yang turun peringkat usai tampil di Orleans Masters 2024. Kini, mereka bertengger di peringkat 32 dunia dengan 41.571 poin setelah sebelumnya berada di peringkat 29 dunia.

Sejatinya, penampilan Lanny/Ribka tak terlalu buruk di Orleans Masters 2024. Sebagai unggulan kelima mereka berhasil mencapai perempat final sebelum akhirnya dikandaskan unggulan kedua tuan rumah. Namun, persaingan yang ketat di sektor ganda putri membuat mereka harus rela mengalami penurunan peringkat.

5. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari catatkan kenaikan satu tingkat

Update Peringkat Pebulu Tangkis Indonesia usai Orleans Masters 2024Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Di sektor ganda campuran, satu-satunya wakil yang Indonesia turunkan, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mengalami perubahan peringkat. Mereka mencatatkan kenaikan peringkat sebanyak 1 tingkat dari peringkat 18 dunia menjadi 17 dunia dengan raihan poin 55.094. Di Orleans Masters 2024, Rinov/Pitha berhasil mencapai laga final. Sayangnya, mereka gagal menaiki podium tertinggi setelah kalah dari ganda campuran China, Cheng Xing/Zhang Chi, dengan skor 21-16, 18-21, dan 15-21.

Banyak perubahan peringkat yang positif dari pebulu tangkis Indonesia usai tampil di Orleans Masters 2024. Meski ada yang mengalami penurunan peringkat, penampilan mereka selama di Orleans Masters 2024 tetap pantas untuk diapresiasi.

Baca Juga: 9 Update Peringkat Tunggal Putra Dunia setelah All England 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya