6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024

Wakil Indonesia jadi bulan-bulanan wakil China

Ajang Malaysia Open 2024 baru memasuki babak semifinal. Namun, Indonesia sudah harus kehilangan seluruh wakilnya. Tak ada satu pun wakil Indonesia yang berhasil lolos ke semifinal turnamen BWF super 1000 ini. Gregoria Mariska Tunjung dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi dua wakil Indonesia yang melaju paling jauh. Mereka melaju hingga perempat final sebelum tumbang di tangan lawannya.

Indonesia sendiri beramunisikan 11 wakil di Malaysia Open 2024. Mirisnya, setengah di antaranya harus menelan kekalahan dari wakil China. Berikut daftar enam wakil Indonesia yang kalah dari wakil China di Malaysia Open 2024.

1. Putri Kusuma Wardani dikandaskan Han Yue pada babak pertama

6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024Putri Kusuma Wardani (pbsi.id)

Putri Kusuma Wardani merupakan wakil Indonesia pertama yang kalah dari wakil China di Malaysia Open 2024. Tunggal putri nomor 2 Indonesia ini kalah dari Han Yue yang diunggulkan di posisi kedelapan pada babak pertama. Ia kandas dalam pertempuran dua set yang berlangsung selama 30 menit dengan skor 11-21 dan 13-21. Ini merupakan kekalahan ketiganya secara beruntun atas Han Yue. Sebelumnya, ia juga menelan kekalahan saat berhadapan di Hong Kong Open 2023 dan Singapore Open 2022. Kini, rekor pertemuan mereka menjadi 0-3 untuk keunggulan Han Yue.

2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati takluk ditangan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong pada babak kedua

6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (pbsi.id)

Wakil kedua Indonesia yang kalah dari wakil China di Malaysia Open 2024 adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Ganda campuran ini takluk pada babak kedua dari unggulan pertama sekaligus juara bertahan, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Mereka kalah untuk keempat kalinya dari Zheng/Huang dengan skor 18-21 dan 17-21 dalam waktu 42 menit. Kekalahan ini membuat mereka semakin tertinggal dari Zheng/Huang secara rekor pertemuan dengan 0-4.

3. Langkah Anthony Sinisuka Ginting dihentikan Lu Guang Zu pada babak kedua

6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Anthony Sinisuka Ginting adalah wakil Indonesia selanjutnya yang kalah dari wakil China di Malaysia Open 2024. Diunggulkan di posisi, Ginting secara mengejutkan tumbang di tangan Lu Guang Zu yang merupakan pemain nonunggulan. Langkahnya dihentikan pada babak kedua lewat pertarungan dramatis selama 67 menit dengan skor 21-23 dan 23-25. Ini merupakan kali pertama Ginting kalah dari Lu Guang Zu. Sebelumnya, ia tak pernah kalah dari tunggal putra peringkat 19 dunia tersebut. Rekor pertemuan mereka saat ini menjadi 5-1 untuk keunggulan Ginting.

Baca Juga: Kejutan, Anthony Ginting Tumbang dari Non Unggulan di Malaysia Open

4. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kalah dari He Ji Ting/Ren Xiang Yu pada babak kedua

6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (pbsi.id)

Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga kalah dari wakil China di Malaysia Open 2024. The Daddies mengalami kekalahan pada babak kedua dari He Ji Ting/Ren Xiang Yu dengan skor 17-21 dan 7-15 dalam durasi 30 menit. Mereka tak mampu melanjutkan laga dan memutuskan mundur pada set kedua karena cedera pinggang yang dialami Ahsan. Ini merupakan kekalahan pertama dari pertemuan pertama mereka dengan He/Ren.

5. Gregoria Mariska Tunjung diadang Chen Yu Fei pada perempat final

6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024Gregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

Pada perempat final, kembali terdapat wakil Indonesia yang kalah dari wakil China. Wakil tersebut adalah Gregoria Mariska Tunjung dari sektor tunggal putri. Unggulan ketujuh ini diadang Chen Yu Fei yang merupakan unggulan kedua di turnamen ini. Ia kandas dua set langsung dengan skor 13-21 dan 17-21 dalam waktu 40 menit. Bagi Gregoria, ini merupakan kali kesembilan dirinya mengalami kekalahan atas Chen Yu Fei. Rekor pertemuan mereka kini menjadi 3-9 untuk keunggulan Chen Yu Fei.

6. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dihentikan Liang Wei Keng/Wang Chang pada perempat final

6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Selanjutnya, wakil Indonesia yang kalah dari wakil China di Malaysia Open 2024 adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra unggulan kelima sekaligus juara bertahan ini dihentikan Liang Wei Keng/Wang Chang yang diunggulkan di posisi pertama. Mereka tumbang lewat rubber game dalam 54 menit dengan skor 21-16, 17-21, dan 18-21. Bagi mereka, ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun dan ketiga secara total atas Liang/Wang. Sekarang, Fajar/Rian tertinggal secara rekor pertemuan dengan 2-3.

China menjadi pembasmi wakil Indonesia di Malaysia Open 2024. Tak ada satupun wakil Indonesia yang berhasil meraih kemenangan saat berhadapan dengan wakil China. Hasil ini sudah sepatutnya menjadi bahan evaluasi, baik bagi pemain maupun pelatih.

Baca Juga: 5 Pemain Nonunggulan yang Tembus Semifinal Malaysia Open 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya