5 Wakil Indonesia Terhenti pada Babak Pertama China Masters 2023

Kebanyakan kalah dari wakil tuan rumah

Indonesia harus kehilangan beberapa wakilnya dari gelaran BWF World Tour super 750, China Masters 2023. Pada babak pertama yang berakhir pada Rabu (22/11/2023), terdapat lima wakil Indonesia yang langkahnya harus terhenti. 

Lima wakil Indonesia yang terhenti tersebut berasal dari seluruh sektor, kecuali tunggal putri. Kebanyakan dari mereka tumbang di tangan wakil tuan rumah dan unggulan.

Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftar lima wakil Indonesia yang terhenti pada babak pertama China Masters 2023.

1. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi terpaksa mundur karena masalah visa

5 Wakil Indonesia Terhenti pada Babak Pertama China Masters 2023Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi wakil Indonesia pertama yang dipastikan tersingkir dari China Masters 2023. Mereka gagal melaju ke babak berikutnya setelah menyatakan walkover atau mundur sebelum laga dimulai. Diketahui, Febriana/Amalia batal tampil karena masalah visa. Seharusnya mereka dijadwalkan berhadapan dengan ganda putri Indonesia lainnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, pada babak pertama. Mundurnya Febriana/Amalia membuat Apriyani/Fadia lolos ke babak 16 besar secara cuma-cuma.

2. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana ditaklukkan unggulan tuan rumah

5 Wakil Indonesia Terhenti pada Babak Pertama China Masters 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Dari sektor ganda putra, pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menjadi yang pertama tumbang di China Masters 2023. Juara All England 2022 ini takluk atas unggulan kedelapan tuan rumah, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, dalam pertarungan dua set selama 38 menit dengan skor 18-21 dan 17-21. Ini merupakan kekalahan kedua mereka atas Liu/Ou. Kekalahan ini juga membuat Bagas/Fikri tertinggal 1-2 dalam rekor pertemuannya dengan Liu/Ou.

Baca Juga: Rekap Wakil Indonesia di China Masters 2023!

3. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juga kandas di tangan unggulan tuan rumah

5 Wakil Indonesia Terhenti pada Babak Pertama China Masters 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (pbsi.id)

Tak hanya di sektor ganda putra, salah satu wakil Indonesia di sektor ganda campuran juga harus kandas pada babak pertama ditangan unggulan tuan rumah. Wakil tersebut adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Mereka kalah atas Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping yang diunggulkan di posisi ketiga. Rehan/Lisa tumbang dalam pertarungan dua set yang berlangsung selama 41 menit dengan skor 21-17 dan 21-16. Kekalahan ini menjadi yang pertama kali diderita Rehan/Lisa dari Feng/Huang. Rekor pertemuan keduanya kini berubah menjadi imbang 1-1.

4. Langkah Chico Aura Dwi Wardoyo ikut dijegal wakil tuan rumah

5 Wakil Indonesia Terhenti pada Babak Pertama China Masters 2023Chico Aura Dwi Wardoyo (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Di sektor tunggal putra, Indonesia kehilangan satu wakilnya setelah langkah Chico Aura Dwi Wardoyo dijegal wakil tuan rumah. Chico tumbang pada babak pertama dari Zhao Jun Peng dengan skor telak 21-10 dan 21-8 dalam waktu 29 menit. Ini merupakan kekalahan pertama pada pertemuan pertama Chico dengan Zhao. Kekalahan ini sekaligus menjadi kekalahan terburuk Chico sepanjang 2023.

5. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti takluk di tangan wakil Jepang

5 Wakil Indonesia Terhenti pada Babak Pertama China Masters 2023Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (pbsi.id)

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dari sektor ganda campuran menjadi wakil Indonesia terkahir yang dipastikan gagal ke 16 besar China Masters 2023. Perjuangan duet nonpelatnas ini langsung berakhir pada babak pertama setelah kalah dari wakil Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo. Praveen/Melati kalah dua set langsung dengan skor 11-21 dan 13-21 dalam waktu 29 menit. Ini merupakan kekalahan Praveen/Melati yang ketiga sekaligus kedua secara beruntun dari Kaneko/Matsutomo. Rekor pertemuan mereka saat ini menjadi 1-3 untuk keunggulan Kaneko/Matsumoto.

Meski terdapat lima wakil yang harus angkat koper pada babak pertama, jumlah wakil Indonesia yang berhasil melaju ke babak 16 besar China Masters 2023 jauh lebih banyak. Terdapat total sembilan wakil Indonesia lengkap dari seluruh sektor yang masih bertahan di turnamen yang dahulunya bernama Fuzhou China Open ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bekuk Unggulan pada Babak Pertama China Masters 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya