3 Wakil Nonunggulan Indonesia ke Perempat Final Thailand Masters 2024

Ada yang sukses mengalahkan unggulan!

Turnamen Thailand Masters 2024 telah merampungkan babak kedua pada, Kamis (1/2/2024) di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand. Ada 6 wakil Indonesia yang berhasil meraih kemenangan dari 9 wakil yang tampil pada babak ini. 

Menariknya, setengah dari wakil Indonesia yang meraih kemenangan dan melaju ke perempat final merupakan pemain nonunggulan. Bahkan, salah satu di antara mereka berhasil menumbangkan pemain unggulan. Siapa saja ketiga wakil nonunggulan Indonesia yang melaju ke perempat final Thailand Masters 2024 tersebut?

1. Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum jadi yang pertama ke perempat final

3 Wakil Nonunggulan Indonesia ke Perempat Final Thailand Masters 2024Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum (pbsi.id)

Wakil nonunggulan Indonesia pertama yang ke perempat final Thailand Masters 2024 adalah Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum. Ganda putri yang bertengger di peringkat 42 BWF ini melaju ke perempat final setelah menumbangkan peralawanan wakil Jerman pada babak kedua. Mereka menang atas Linda Efler/Isabel Lohau lewat straight game yang berlangsung selama 42 menit dengan skor 23-21 dan 21-8. Ini menjadi kemenangan pertama mereka dari ganda putri terbaik Jerman tersebut.

Pada perempat final, Jesita/Febi akan menantang wakil tuan rumah yang berstatus sebagai juara bertahan sekaligus unggulan kedua. Mereka adalah Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard yang menembus perempat final pasca menyingkirkan wakil Indonesia lain, yakni Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. Laga ini bakal menjadi pertemuan pertama Jesita/Febi dengan duet kakak beradik asal Thailand tersebut. 

Baca Juga: Daftar Juara Thailand Masters dari Tahun ke Tahun Sejak 2016

2. Ester Nurumi Tri Wardoyo jadi wakil satu-satunya sektor tunggal putri

3 Wakil Nonunggulan Indonesia ke Perempat Final Thailand Masters 2024Ester Nurumi Tri Wardoyo (pbsi.id)

Ester Nurumi Tri Wardoyo juga berhasil menginjakkan kakinya di perempat final Thailand Masters 2024. Tunggal putri kelahiran Jayapura ini menjadi wakil nonunggulan kedua Indonesia yang ke perempat final usai menyingkirkan wakil Kanada pada babak kedua. Ia mengantongi kemenangan dua set langsung atas Wen Yu Zhang dengan skor 21-12 dan 21-14 dalam waktu 31 menit. Ini merupakan kemenangan keduanya atas Zhang setelah meraih kemenangan pertamanya di Indonesia Masters 2024 pekan lalu.

Selanjutnya, Ester akan bersua dengan sesama pemain nonunggulan lain di babak perempat final. Ia akan berjumpa dengan Ashmita Chaliha dari India. Ini akan menjadi duel perdana mereka di turnamen resmi. Secara peringkat, Ester lebih diunggulkan karena kini ia menduduki posisi 44 BWF. Di sisi lain, Chaliha bertengger di peringkat 61 dunia. Meski begitu, Ester perlu mewaspadainya mengingat Chaliha berhasil mengalahkan pemain dengan peringkat yang lebih tinggi pada babak kedua.

3. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati ke perempat final dengan menumbangkan unggulan

3 Wakil Nonunggulan Indonesia ke Perempat Final Thailand Masters 2024Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (pbsi.id)

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menjadi wakil nonunggulan Indonesia terakhir yang ke perempat final Thailand Masters 2024. Berbeda dengan dua wakil nonunggulan Indonesia sebelumnya, Rehan/Lisa ke perempat final dengan cara menaklukkan pemain unggulan. Mereka merenggut kemenangan atas Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie asal Malaysia yang diunggulkan di posisi kelima. Pasangan ganda campuran ini menang tiga set dengan skor 21-17, 17-21, dan 21-16 dalam durasi 46 menit. Secara total, ini merupakan kemenangan ke-3 mereka dari 5 pertemuan yang sudah mereka lewati melawan pasangan Malaysia tersebut.

Pada babak perempat final, Rehan/Lisa kembali dipertemukan dengan pemain unggulan. Kali ini, mereka akan menghadapi rekan senegara, yakni Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang diunggulkan di posisi keempat. Meomen ini bakal menjadi pertempuran kedua mereka di turnamen resmi setelah terkahir kali saling berhadapan di Vietnam Open 2022. Kala itu, Rehan/Lisa harus tumbang dua set langsung dari Dejan/Gloria.

Jika berhasil memenangkan laga perempat final, tiga wakil nonunggulan Indonesia di atas akan menembus semifinal pertama mereka pada turnamen BWF 2024 ini. Menghadapi lawan yang kuat, akankah mereka berhasil melesat?

Baca Juga: Beda Nasib 3 Ganda Putra Indonesia di Thailand Masters 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya