6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023

Ada derbi yang melibatkan ganda putra Indonesia

Australia Open 2023 mulai bergulir sejak Selasa. (1/8/2023) lalu. Turnamen ini berlangsung di State Sports Centre, Sydney, Australia. Babak 16 besar turnamen BWF Super 500 ini sendiri akan digelar hari ini, Kamis (3/8/2023). Menariknya, akan ada beberapa atlet badminton yang mesti mengikuti perang saudara pada babak kedua Australia Open 2023.

Siapa saja mereka? Coba simak daftar derbi pada babak 16 besar Australia Open 2023 di bawah ini, ya!

1. Kim Ga Eun vs. Sim Yu Jin (Korea Selatan)

6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023Kim Ga Eun (instagram.com/k_gaeun_s2)

Dari sektor tunggal putri, Korea Selatan memastikan satu wakilnya melaju ke babak perempat final. Sebab, Kim Ga Eun akan menantang Sim Yu Jin pada laga 16 besar Australia Open 2023. Kedua tunggal putri Korea ini sudah pernah bertemu dan saling mengalahkan.

Rekor pertemuan keduanya adalah 4-2 untuk keunggulan Kim Ga Eun. Pada turnamen ini, Kim Ga Eun juga berstatus sebagai unggulan ketujuh. Meski begitu, Sim Yu Jin tetap memiliki peluang untuk mengalahkan kompatriotnya tersebut.

Baca Juga: Hasil Lengkap Wakil Indonesia di Hari Pertama Australia Open 2023

2. Rin Iwanaga/Kie Nakanishi vs. Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang)

6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (instagram.com/badmintonasia.official)

Ada dua pasangan Jepang di sektor ganda putri yang akan berhadapan pada babak 16 besar Australia Open 2023. Mereka adalah Rin Iwanaga/Kie Nakanishi dan Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Keduanya melaju ke babak ini setelah melewati babak sebelumnya dengan kemenangan.

Meski unggul dari segi peringkat, Iwanaga/Nakanishi memimpin dari segi rekor pertemuan atas Matsuyama/Shida. Head-to-head kedua pasangan ini adalah 1-0. Iwanaga/Nakanishi menang atas Matsuyama/Shida pada laga mereka di babak pertama Korea Open 2023.

3. Liu Sheng Shu/Tan Ning vs. Li Yi Jing/Luo Xu Min (China)

6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023Liu Sheng Shu/Tan Ning (instagram.com/badmintonasia.official)

China juga mengamankan satu tiket ke babak 8 besar Australia Open 2023 melalui sektor ganda putri. Pasalnya, Liu Sheng Shu/Tan Ning akan menantang rekan senegaranya, Li Yi Jing/Luo Xu Min. Pertandingan ini sendiri akan menjadi pertemuan ketiga bagi mereka.

Dari dua pertemuan terakhir, Liu/Tan selalu berhasil menang atas Li/Luo. Praktis, pasangan Liu/Tan memimpin head-to-head 2-0 atas Li/Luo. Mampukah Li/Luo membalikkan keadaan pada pertandingan mereka di babak 16 besar Australia Open 2023?

4. Liang Ting Yu vs. Pai Yu Po (Taiwan)

6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023Pai Yu Po (instagram.com/whitepooo)

Selanjutnya, ada dua tunggal putri Taiwan yang akan bersua pada babak 16 besar Australia Open 2023. Liang Ting Yu mesti melawan rekan senegaranya, Pai Yu Po. Mereka terpaksa bertemu setelah sama-sama menang pada babak 32 besar.

Kedua tunggal putri Taiwan ini terpaut cukup jauh dari segi peringkat. Pai Yu Po lebih unggul karena menduduki peringkat ke-23 dunia. Sementara itu, Liang Ting Yu masih ada di urutan 78 dunia saat ini. Rekor pertemuan keduanya juga dipimpin oleh Pai Yu Po dengan keunggulan 1-0.

5. Aakarshi Kashyap vs. Pusarla V. Sindhu (India)

6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023Pusarla V. Sindhu (instagram.com/bwf.official)

Tunggal putri India, Aakarshi Kashyap dan Pusarla V. Sindhu, juga mesti menjalani derbi pada babak 16 besar Australia Open 2023. Mereka terpaksa saling berhadapan setelah menang pada babak pertama. Dua tunggal putri andalan India ini akan terus berusaha untuk melaju ke babak berikutnya meski dengan mengalahkan rekan senegara.

Pusarla sendiri lebih unggul dibanding Aakarshi dari segi peringkat BWF. Unggulan kelima ini tengah duduk di peringkat ke-17 dunia. Aakarshi, di sisi lain, ada di urutan 40 dunia. Ia terpaut cukup jauh 33 peringkat dari Pusarla.

6. Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan vs. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia)

6 Derbi pada Babak 16 Besar Australia Open 2023Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (instagram.com/aryonomiranat_)

Indonesia juga dipastikan meloloskan satu wakil ganda putra ke babak perempat final Australia Open 2023. Pada babak kedua ini, Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan akan melawan rekan mereka, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan Leo/Daniel sendiri merupakan unggulan keenam di turnamen ini.

Kedua pasang ganda putra Indonesia sebelumnya sudah pernah bertemu tiga kali. Dari tiga pertemuan itu, Leo/Daniel memimpin head-to-head 2-1 atas Pram/Yere. Dalam dua pertemuan terakhir, Pram/Yere selalu takluk dua gim langsung atas Leo/Daniel.

Babak 16 besar Australia Open 2023 bakal dimulai pukul 12.00 waktu setempat atau sekitar pukul 09.00 WIB. Pertandingan ini menggunakan empat lapangan. Masing-masing laga derbi tentu sayang untuk dilewatkan berkat gengsi sengit yang bakal diusung para pemain terlibat.

Baca Juga: 4 Pemain Unggulan Tumbang pada Hari Kedua Australia Open 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya