Hasil 3 Pemain yang Jumpa Unggulan di Semifinal Malaysia Open 2024

Adakah yang sanggup berikan kejutan?

Semifinal Malaysia Open 2024 bergulir kemarin, Sabtu (13/1/2024). Berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, laga pada babak 4 besar turnamen BWF Super 1000 ini jadi sorotan karena menampilkan beberapa kejutan. 

Setidaknya, ada lima pemain nonunggulan yang berhasil menembus babak semifinal Malaysia Open 2024 usai menangi pertandingan babak perempat final. Dari lima pemain nonunggulan tersebut, tiga di antaranya mesti melawan unggulan di babak semifinal. Bagaimana hasil para nonunggulan yang harus menghadapi pemain unggulan?

1. Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica (Singapura) bertemu unggulan dari Korea Selatan

Hasil 3 Pemain yang Jumpa Unggulan di Semifinal Malaysia Open 2024Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica (instagram.com/terryykhee)

Dari sektor ganda campuran, pasangan asal Singapura, Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica, sukses menyegel satu tiket pada babak semifinal Malaysia Open 2024. Pasangan ganda campuran nonunggulan ini memastikan diri ke babak 4 besar usai mengalahkan wakil Thailand yang jadi unggulan keenam, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Hee/Tan menang lewat pertandingan straight game dengan skor, 21-16 dan 21-19 dalam durasi pertandingan 48 menit.

Pada babak semifinal, Hee/Tan kembali berhadapan dengan pasangan ganda campuran unggulan lainnya. Mereka adalah Kim Won Ho/Jeong Na Eun dari Korea Selatan yang merupakan unggulan ketujuh. Kedua pasangan ini sudah pernah bertemu satu kali sebelumnya.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada babak kedua Korea Open 2022. Kala itu, Hee/Tan menelan kekalahan lewat drama rubber game atas Kim/Jeong. Dari hasil laga semifinal kemarin, Hee/Tan kembali takluk atas Kim/Jeong. Mereka kalah lewat duel straight game dengan skor identik, 21-16 dan 21-16.

Baca Juga: 6 Wakil Indonesia yang Kalah dari Wakil China di Malaysia Open 2024

2. Zhang Yi Man (China) bersua tunggal putri Korea Selatan yang jadi unggulan pertama

Hasil 3 Pemain yang Jumpa Unggulan di Semifinal Malaysia Open 2024Zhang Yi Man (instagram.com/badthai.official)

Zhang Yi Man menjadi pemain nonunggulan berikutnya yang sukses menembus babak semifinal Malaysia Open 2024. Tunggal putri peringkat 17 dunia ini mengalahkan wakil Jepang, Akane Yamaguchi, di babak perempat final lewat duel yang berlangsung sengit. Zhang harus melewati permainan tiga set melawan unggulan ketiga tersebut dengan skor 12-21, 21-17 dan 21-17 yang berlangsung selama 55 menit untuk bisa melaju ke babak semifinal.

Pada semifinal kemarin, Zhang bersua unggulan pertama asal Korea Selatan. Ia adalah tunggal putri nomor satu dunia, An Se Young. Laga ini menjadi pertemuan kedua bagi Zhang dan An Se Young di turnamen internasional. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Kejuaraan Asia 2022. Saat itu, Zhang menelan kekalahan lewat pertandingan yang cukup mudah di tangan An Se Young.

Pada babak semifinal Malaysia Open 2024, Zhang kembali harus mengakui keunggulan dari An Se Young. Ia harus puas terhenti di babak 4 besar usai takluk 17-21 dan 11-21 di tangan An Se Young. Pertandingan semifinal kedua tunggal putri tersebut berlangsung cukup cepat, yaitu hanya 36 menit.

3. Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (Jepang) berjumpa unggulan dari Negeri Tirai Bambu

Hasil 3 Pemain yang Jumpa Unggulan di Semifinal Malaysia Open 2024Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (instagram.com/badmintonasia.official)

Terakhir, ada nonunggulan dari sektor ganda putri yang juga berhasil melaju ke babak semifinal Malaysia Open 2024. Mereka adalah wakil Jepang, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi, yang memastikan diri ke babak 4 besar usai menumbangkan pasangan India, Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa. Laga kedua ganda putri ini berlangsung cukup cepat dan hanya memakan waktu 39 menit. Iwanaga/Nakanishi menang dengan skor 21-15 dan 21-13.

Pada babak semifinal, Iwanaga/Nakanishi menghadapi pemain unggulan kedelapan dari China, Liu Sheng Shu/Tan Ning. Meski kalah dari segi peringkat, Iwanaga/Nakanishi sejatinya unggul dari segi rekor pertemuan. Mereka mengungguli head-to-head atas Liu/Tan dengan 1-0.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada 16 besar Denmark Open 2023. Kala itu, Iwanaga/Nakanishi menang atas Liu/ Tan dengan skor kembar, 21-15 dan 21-15. Pada laga semifinal kemarin, Liu/Tan berhasil membalikkan keadaan dan mengalahkan Iwanaga/Nakanishi lewat duel yang berdurasi 47 menit. Dengan skor 11-21 dan 16-21, Iwanaga/Nakanishi harus mengakui keunggulan Liu/Tan.

Dari hasil babak semifinal Malaysia Open 2024 kemarin, tidak ada satu pun pemain nonunggulan yang berhasil menaklukkan unggulan. Ketiga pemain nonunggulan di atas juga sama-sama menelan kekalahan lewat pertandingan dua set langsung.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Final Malaysia Open 2024, Tak Ada Juara Bertahan!

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya