4 Kekalahan Jonatan Christie atas Lee Zii Jia di Turnamen BWF

Terbaru Jojo kalah dari Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia 2023

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, tak mampu melangkah ke babak 32 besar Kejuaraan Dunia 2023 usai takluk atas wakil Malaysia, Lee Zii Jia. Jojo kalah pada duel di 64 besar yang berlangsung pada, Senin (21/8/2023) di Royal Arena, Copenhagen, Denmark.

Jojo tercatat sudah beberapa kali dihentikan oleh wakil andalan Negeri Jiran tersebut. Bahkan, Jojo sudah empat kali menelan kekalahan beruntun atas Lee Zii Jia. Berikut empat kekalahan Jonatan Christie atas Lee Zii Jia di turnamen BWF.

1. All England 2020

4 Kekalahan Jonatan Christie atas Lee Zii Jia di Turnamen BWFJonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Kekalahan pertama Jojo atas Lee Zii Jia terjadi pada babak 32 besar All England 2020. Atlet badminton kelahiran 1998 ini sukses menyingkirkan Jojo yang pada saat itu merupakan unggulan keenam. Kemenangan diraih Lee Zii Jia lewat pertarungan dua set langsung. 

Lee Zii Jia melaju ke babak kedua All England 2020 usai menaklukkan Jojo dengan skor 21-15 dan 21-13. Durasi permainan antara keduanya adalah 41 menit. Laga ini juga merupakan kemenangan pertama Lee Zii Jia setelah sebelumnya kalah telak atas Jojo dengan head-to-head 3-0.

Baca Juga: Momen Rinov/Pitha Didampingi Pelatih Naga Api di Kejuaraan Dunia 2023

2. Kejuaraan Asia 2022

4 Kekalahan Jonatan Christie atas Lee Zii Jia di Turnamen BWFJonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Berselang 2 tahun, Jojo kembali berhadapan dengan Lee Zii Jia. Kali ini mereka saling bertemu di partai puncak Kejuaraan Asia 2022. Sama-sama sedang dalam performa terbaik, Jojo dan Lee Zii Jia melaju ke babak final usai tampil baik di sepanjang pertandingan Kejuaraan Asia 2022.

Lee Zii Jia keluar sebagai Juara Asia usai kembali menaklukkan Jojo lewat dua set langsung. Dalam waktu pertandingan 45 menit, Jojo harus puas hanya berdiri di podium runner-up. Skor akhir dari laga final tunggal putra di Kejuaraan Asia 2022 adalah 21-17 dan 23-21 untuk kemenangan Lee Zii Jia.

3. Denmark Open 2022

4 Kekalahan Jonatan Christie atas Lee Zii Jia di Turnamen BWFJonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Masih di tahun yang sama, Jojo dan Lee Zii Jia kembali bertemu di Denmark Open 2022. Kala itu, keduanya sama-sama menempati posisi unggulan di turnamen BWF Super 750 tersebut. Lee Zii Jia menempati posisi unggulan keempat, sementara Jojo merupakan unggulan kedelapan.

Berbeda dari dua pertandingan sebelumnya, pada laga kali ini Jojo bisa memberikan perlawanan yang cukup menyulitkan untuk Lee Zii Jia. Memakan waktu hingga lebih dari 1 jam, akhirnya Jojo kembali menelan kekalahan atas Lee Zii Jia setelah melewati pertarungan rubber game sengit. Dengan skor akhir 21-16, 18-21, dan 21-18, Lee Zii Jia lagi-lagi berhasil menumbangkan Jojo.

4. Kejuaraan Dunia 2023

4 Kekalahan Jonatan Christie atas Lee Zii Jia di Turnamen BWFJonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Kekalahan beruntun Jojo atas Lee Zii Jia masih belum terputus. Yang terbaru, Jojo kembali dipulangkan oleh Lee Zii Jia pada babak 64 besar Kejuaraan Dunia 2023. Jojo yang merupakan unggulan kelima di turnamen ini, harus takluk atas Lee Zii Jia yang merupakan pemain nonunggulan.

Kemenangan berhasil dicatatkan Lee Zii Jia dengan durasi cukup cepat, yaitu 39 menit. Tak bisa keluar dari tekanan Lee Zii Jia sejak awal gim dimulai, Jojo tumbang dengan skor 13-21 dan 15-21. Hasil ini juga menjadikan Jojo sebagai unggulan tunggal putra yang pertama kali gugur di Kejuaraan Dunia tahun ini.

Kekalahan pada babak pertama Kejuaraan Dunia 2023 ini juga menjadi kekalahan beruntun Jonatan Christie atas Lee Zii Jia yang keempat kalinya. Sejak tahun 2019, Jojo belum pernah sekalipun memenangkan pertandingan atas Lee Zii Jia. Mampukan Jojo revans atas Lee Zii Jia pada pertemuan mereka selanjutnya?

Baca Juga: Chico Aura dan Putri KW Kandas di 32 Besar Kejuaraan Dunia 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya