5 Laga Derbi yang Akan Tersaji di Babak Pertama Kumamoto Masters 2023

Wakil dari China mendominasi

Turnamen bulu tangkis Kumamoto Masters 2023 akan segera dimulai. Lanjutan tur Asia ini bakal berlangsung di Gimnasium Prefektur Kumamoto, Jepang, mulai Selasa (14/11/2023).

Dari hasil draw pada turnamen BWF Super 300 ini, terdapat beberapa laga derbi yang akan langsung tersaji di babak pertama. Memulai laga perdana dengan pertarungan sesama rekan senegara, berikut lima laga derbi yang akan tersaji pada babak pertama Kumamoto Masters 2023.

1. Tunggal putri Thailand akan memperebutkan tiket ke babak kedua

5 Laga Derbi yang Akan Tersaji di Babak Pertama Kumamoto Masters 2023Pornpawee Chochuwong (instagram.com/bwf.official)

Thailand dipastikan meloloskan satu wakilnya ke babak kedua Kumamoto Masters 2023. Pasalnya, derbi dari sektor tunggal putri akan tersaji pada babak pertama turnamen BWF super 300 tersebut. Pornpawee Chochuwong harus melawan rekan senegaranya, Lalinrat Chaiwan.

Kedua tunggal putri andalan Negeri Gajah Putih tersebut sudah pernah bertemu dan saling mengalahkan sebelumnya. Momen di Kumamoto Masters 2023 ini menjadi pertemuan keenam bagi mereka. Dari lima pertemuan sebelumnya, rekor pertemuan keduanya adalah 3-2 untuk keunggulan Chochuwong.

2. Tunggal putri tuan rumah juga akan sajikan laga derbi

5 Laga Derbi yang Akan Tersaji di Babak Pertama Kumamoto Masters 2023Akane Yamaguchi (instagram.com/bwf.official)

Tuan rumah juga memastikan satu tempat ke babak kedua dari sektor tunggal putri mereka. Derbi di sektor ini mempertemukan Akane Yamaguchi dan Natsuki Nidaira. Yamaguchi sendiri juga merupakan unggulan kedua di Kumamoto Masters 2023.

Yamaguchi dan Nidaira belum pernah bertemu di turnamen BWF sebelumnya. Duel tuan rumah kali ini pun menjadi pertemuan pertama bagi mereka. Yamaguchi yang memang lebih diunggulkan mempunyai peluang besar untuk memenangi pertandingan derbi tersebut.

Baca Juga: Menpora: Bulu Tangkis Tetap Andalan di Olimpiade 2024 Paris

3. Malaysia akan menyajikan laga derbi dari sektor ganda putra

5 Laga Derbi yang Akan Tersaji di Babak Pertama Kumamoto Masters 2023Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (instagram.com/bwf.official)

Dari sektor ganda putra, Malaysia juga sudah memastikan satu wakilnya ke babak kedua Kumamoto Masters 2023. Salah satu wakil unggulan mereka, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, akan menantang junior mereka, Man Wei Chong/Kai Wun Tee, di babak 32 besar. Ini merupakan pertemuan kedua bagi mereka.

Meski kalah dari segi peringkat, Man/Kai unggul dari segi rekor pertemuan. Head-to-head kedua ganda putra Negeri Jiran ini adalah 1-0 untuk keunggulan Man/Kai. Pertemuan terakhir mereka terjadi di semifinal Taipei Open 2023. Man/Kai saat itu menang lewat pertandingan rubber game.

4. Ganda putra dari China juga lewati laga derbi

5 Laga Derbi yang Akan Tersaji di Babak Pertama Kumamoto Masters 2023Liang Wei Keng/Wang Chang (instagram.com/bwf.official)

Tak hanya Malaysia, China juga dipastikan meloloskan satu wakilnya ke babak kedua di sektor ganda putra. Derbi ini akan mempertemukan Liang Wei Keng/Wang Chang dan He Ji Ting/Ren Xiang Yu. Laga ini merupakan pertemuan pertama mereka di turnamen internasional.

Di atas kertas, Liang/Wang lebih diunggulkan dibandingkan He/Ren. Pasalnya, Liang/Wang merupakan unggulan ketiga di turnamen ini. Sementara itu, He/Ren adalah pasangan racikan baru dari Negeri Tirai Bambu.

5. Derbi dari China juga terjadi di sektor ganda putri

5 Laga Derbi yang Akan Tersaji di Babak Pertama Kumamoto Masters 2023Li Yi Jing/Luo Xu Min (instagram.com/li.yi.jing)

Tak hanya di sektor ganda putra, China juga menyajikan laga derbi di sektor ganda putri. Derbi ini juga kembali mempertemukan pasangan unggulan dan nonunggulan. Mereka adalah Zhang Shu Xian/Zheng Yu yang menempati unggulan keenam dan Li Yi Jing/Luo Xu Min.

Kedua ganda putri China ini belum pernah bertemu sebelumnya. Praktis, momen di Kumamoto Masters 2023 ini menjadi laga perdana antara Zhang/Zheng dan Li/Luo. Mampukah Li/Luo menumbangkan senior mereka?

Dari hasil draw Kumamoto Masters 2023, sektor tunggal putra dan ganda campuran tidak memiliki laga derbi pada babak pertama. Sementara itu, China menjadi yang terbanyak dengan memiliki dua laga derbi di babak pertama Kumamoto Masters 2023.

Baca Juga: 5 Lawan Tangguh Wakil Indonesia di Babak Pertama Kumamoto Masters 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya