6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024

Banyak yang tumbang di tangan unggulan China

Indonesia Masters 2024 telah memasuki babak final yang akan digelar hari ini, Minggu (28/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta. Sebagai tuan rumah, Indonesia hanya berhasil mengirimkan satu wakilnya dari sektor ganda putra saja untuk bertarung di laga pamungkas.

Sementara itu, China menjadi negara dengan wakil terbanyak pada partai final turnamen BWF Super 500 tersebut. Tidak hanya itu, di sepanjang gelaran Indonesia Masters 2024, banyak wakil bulu tangkis Indonesia yang harus menelan kekalahan di tangan pemain China. Siapa saja mereka?

1. Dejan/Gloria harus mengakui keunggulan Zheng Si Wei/Huang Ya  Qiong pada babak pertama

6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (instagram.com/badminton.ina)

Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi wakil Indonesia pertama yang langkahnya harus terhenti di Indonesia Masters 2024. Pasangan andalan PB Djarum ini bersua dengan lawan sulit, yaitu sang unggulan pertama dari China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Kalah jauh dari segi peringkat, Dejan/Gloria harus takluk lewat pertandingan dua set langsung. Mereka menelan kekalahan dalan waktu pertandingan hanya 31 menit dengan skor 14-21 dan 13-21.

Baca Juga: 5 Pemain Unggulan Tumbang di Babak Pertama Indonesia Masters 2024

2. Jonatan Christie gugur pada babak 32 besar di tangan Lu Guang Zu

6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Sang juara bertahan dari sektor tunggal putra, Jonatan Christie, harus angkat koper lebih dulu dari Indonesia Masters 2024. Pasalnya, Jojo kalah atas Lu Guang Zu pada babak 32 besar. Meski lebih unggul dari segi peringkat dan menempati posisi unggulan keempat, nyatanya Jojo harus menelan kekalahan atas Lu Guang Zu. Lewat duel rubber game sengit, 21-19, 19-21, dan 19-21, Lu Guang Zu menumbangkan Jojo setelah melewati laga yang berdurasi 1 jam 18 menit.

3. Rinov/Mentari dikandaskan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin pada babak kedua

6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Kembali datang dari sektor ganda campuran, kali ini ada pasangan Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari yang juga ditaklukkan oleh wakil China. Pada babak kedua, Rinov/Mentari bersua dengan unggulan ketiga asal China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin. Tak mampu memberikan perlawanan yang cukup berarti, Rinov/Mentari kalah lewat pertandingan straight game. Dengan skor kembar 13-21 dan 13-21, Rinov/Mentari dikandaskan Jiang/Wei dalam waktu 33 menit.

4. Meilysa/Rachel dihentikan Zhang Shu Xian/Zheng Yu di babak 16 besar

6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose (instagram.com/badminton.ina)

Senada dengan Rinov/Mentari, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose juga harus tumbang pada babak kedua atau 16 besar. Langkah mereka di Indonesia Masters 2024 harus terhenti usai kalah dari ganda putri unggulan ketiga asal China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Meilysa/Rachel takluk lewat pertandingan dua gim yang berdurasi 56 menit. Zhang/Zheng membukukan kemenangan atas Meilysa/Rachel dengan skor 21-18 dan 21-12.

5. Sabar/Reza takluk di babak perempat final atas Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi

6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024Sabar Karyaman/Reza Pahlevi (instagram.com/badminton.ina)

Kali ini dari sektor ganda putra, ada pula satu pasangan Indonesia yang harus takluk di tangan wakil China. Mereka adalah Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi yang kalah atas Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Pada turnamen ini, Liu/Ou menempati posisi unggulan keempat. Sabar/Reza harus menelan kekalahan atas Liu/Ou usai melewati laga yang berdurasi 48 menit. Liu/Ou mengemas kemenangan dengan skor akhir 11-21, 21-19, dan 6-21.

6. Lanny/Ribka kalah dari Liu Sheng Shu/Tan Ning pada babak semifinal

6 Pemain Indonesia Kalah dari Wakil China di Indonesia Masters 2024Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (instagram.com/badminton.ina)

Pada babak semifinal, kembali terdapat pemain Indonesia yang harus takluk di tangan wakil China. Unggulan keempat ganda putri, Liu Sheng Shu/Tan Ning, berhasil melaju ke babak final usai mengalahkan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. Kalah jauh dari segi peringkat membuat Lanny/Ribka tak mampu berbuat banyak saat melawan Liu/Tan. Mereka menelan kekalahan dengan skor 14-21 dan 11-21 dalam pertandingan yang memakan waktu 44 menit.

Dari keenam wakil Indonesia yang kalah dari pemain China pada Indonesia Masters 2024 ini, lima di antaranya merupakan pemain nonunggulan yang memang di atas kertas kalah jauh dari wakil Negeri Tirai Bambu tersebut. Hanya Jonatan Christie yang memiliki bekal keunggulan dari segi peringkat, namun, tetap gagal memenangi perlawanan wakil China.

Baca Juga: 3 Pemain Kualifikasi Melaju ke Babak 8 Besar Indonesia Masters 2024

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya