3 Pemain Nonunggulan yang Berhasil Menembus Final Australia Open 2023

Didominasi oleh pemain China

Semifinal Australia Open 2023 bergulir pada, Sabtu (5/8/2023). Berlangsung di State Sports Centre, Sydney, Australia, laga pada babak 4 besar turnamen BWF Super 500 tersebut jadi sorotan setelah sukses menampilkan beberapa kejutan. 

Setidaknya, ada tiga pemain nonunggulan yang berhasil menembus partai puncak Australia Open 2023 usai menangi pertandingan di babak semifinal. Dari 3 pemain nonunggulan tersebut, 1 di antaranya berhasil keluar sebagai juara, lho! 

1. Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (Jepang)

3 Pemain Nonunggulan yang Berhasil Menembus Final Australia Open 2023Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (instagram.com/teamjapanjoc)

Dari sektor ganda campuran, pasangan asal Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito, sukses menyegel satu tiket pada babak Australia Open 2023. Pasangan ganda campuran nonunggulan ini memastikan diri ke babak final usai mengalahkan wakil China, Cheng Xing/Chen Fan Hui, di babak semifinal. Midorikawa/Saito menang dengan skor identik, 21-19 dan 21-19 dalam durasi pertandingan 45 menit.

Pada laga final, Midorikawa/Saito kembali berhadapan dengan pasangan ganda campuran dari Negeri Tirai Bambu. Mereka adalah Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping yang merupakan unggulan kedua. Dari segi rekor pertemuan, Feng/Huang mengungguli telak head-to-head mereka dengan 4-0. Dari hasil final kemarin, Midorikawa/Saito kembali takluk atas Feng/Huang. Mereka kalah lewat rubber game, 14-21, 21-16, dan 15-21, dalam durasi permainan 1 jam 10 menit.

Baca Juga: 5 Unggulan Ganda Putra Gagal Melaju ke Final Australia Open 2023

2. Liu Sheng Shu/Tan Ning (China)

3 Pemain Nonunggulan yang Berhasil Menembus Final Australia Open 2023Liu Sheng Shu/Tan Ning (instagram.com/badmintonasia.official)

Liu Sheng Shu/Tan Ning menjadi pemain nonunggulan China pertama yang sukses menembus babak final Australia Open 2023. Ganda putri peringkat 22 dunia ini mengalahkan pasangan Jepang, Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto, di babak semifinal lewat duel yang berlangsung sengit. Liu/Tan harus melewati permainan tiga set dengan skor 21-17, 17-21, dan 21-14 yang berlangsung selama 1 jam 13 menit untuk bisa melaju ke babak final.

Selanjutnya, Liu/Tan menghadapi unggulan kedua asal Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong di laga puncak. Laga ini menjadi pertemuan pertama bagi kedua pasangan di turnamen internasional. Dalam dua gim langsung, Liu/Tan harus mengakui keunggulan dari Kim/Kong. Mereka harus puas di posisi runner-up usai takluk 18-21 dan 16-21 di tangan Kim/Kong. Pertandingan final kedua ganda putri ini berlangsung selama 52 menit.

3. Weng Hong Yang (China)

3 Pemain Nonunggulan yang Berhasil Menembus Final Australia Open 2023Weng Hong Yang (instagram.com/badmintonasia.official)

Selain Liu/Tan, ada pula tunggal putra nonunggulan asal China, Weng Hong Yang, yang juga berhasil melaju ke laga puncak Australia Open 2023. Weng memastikan diri ke babak final usai menumbangkan wakil Malaysia, Lee Zii Jia. Laga kedua tunggal putra ini berlangsung alot hingga memakan waktu 1 jam 21 menit. Lee Zii Jia tumbang di tangan Weng dengan skor akhir, 19-21, 21-13, dan 13-21. Berikutnya, Weng menantang pemain unggulan keenam dari India, Prannoy H.S, pada laga final.

Duel ini merupakan pertemuan kedua bagi kedua pemain. Pertemuan sebelumnya terjadi pada final Malaysia Masters 2023. Kala itu, Prannoy berhasil keluar sebagai juara usai menaklukkan Weng lewat pertarungan rubber game. Dari hasil final kemarin, Weng berhasil membalikkan keadaan dan keluar sebagai juara setelah mengalahkan Prannoy lewat pertandingan berdurasi 1 jam 30 menit. Dengan skor akhir, 21-9, 21-23, dan 22-20, Weng berhasil keluar sebagai juara Australia Open 2023.

Dari ketiga pemain nonunggulan yang berlaga pada final Australia Open kemarin, hanya Weng Hong Yang yang berhasil memberikan kejutan. Ia menjadi satu-satunya juara yang merupakan pemain nonunggulan.

Baca Juga: 5 Unggulan Ganda Campuran Gagal Menembus Final Australia Open 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya