Road to Champion Weng Hong Yang di Australia Open, Jadi Kuda Hitam!

Weng Hong Yang singkirkan tiga pemain unggulan

Tunggal putra China, Weng Hong Yang, baru saja keluar sebagai juara Australia Open 2023. Pemain yang berstatus nonunggulan ini memastikan gelar juara usai mengalahkan wakil India pada babak final yang berlangsung kemarin, Minggu (6/8/2023) di State Sports Centre, Sydney, Australia.

Gelar ini merupakan gelar BWF World Tour Super 500 kedua Weng Hong Yang setelah gelar juara Korea Open 2022 lalu. Bermain memukau sejak babak pertama, simak lagi perjuangan road to champion Weng Hong Yang di Australia Open 2023 lewat ulasan di bawah ini!

1. Taklukkan unggulan kedua pada babak pertama

Road to Champion Weng Hong Yang di Australia Open, Jadi Kuda Hitam!Weng Hong Yang (instagram.com/ausbadmintonopen)

Weng Hong Yang berhadapan dengan wakil Jepang yang jadi unggulan kedua, Kodai Naraoka, pada babak pertama. Laga perdananya di Australia Open 2023 ini merupakan pertemuan ketiga bagi Weng Hong Yang dan Naraoka. Dalam dua pertemuan sebelumnya, Naraoka selalu berhasil mengalahkan Weng Hong Yang.

Pada babak 32 besar Australia Open tahun ini, Weng Hong Yang mampu membalikkan keadaan. Ia menaklukkan unggulan kedua tersebut dan berhasil melenggang ke babak kedua. Naraoka tumbang dalam dua gim langsung dengan skor 19-21 dan 11-21 dalam durasi pertandingan 48 menit.

2. Menang rubber game dari wakil Indonesia pada babak kedua

Road to Champion Weng Hong Yang di Australia Open, Jadi Kuda Hitam!Weng Hong Yang (instagram.com/ausbadmintonopen)

Tunggal putra selanjutnya yang dihadapi Weng Hong Yang adalah wakil Indonesia. Shesar Hiren Rhustavito adalah lawan Weng Hong Yang pada babak kedua Australia Open 2023. Ini merupakan pertemuan pertama antara kedua pemain di turnamen internasional.

Dalam waktu pertandingan lebih dari satu jam, Weng Hong Yang mampu menyingkirkan tunggal putra Indonesia tersebut. Vito menelan kekalahan atas Weng Hong Yang dengan skor akhir 21-16, 10-21, dan 9-21. Praktis, Weng Hong Yang memimpin head-to-head mereka menjadi 1-0.

Baca Juga: Profil Kodai Naraoka, Pebulutangkis Muda Jepang yang Dikenal Ulet

3. Melaju mulus di perempat final melawan unggulan kelima

Road to Champion Weng Hong Yang di Australia Open, Jadi Kuda Hitam!Weng Hong Yang (instagram.com/ausbadmintonopen)

Weng Hong Yang kembali harus bersua pemain unggulan pada babak perempat final Australia Open 2023. Kala itu ia berkesempatan untuk bertemu unggulan kelima dari Taiwan, Chou Tien Chen. Tanpa banyak hambatan, Weng Hong Yang melaju ke semifinal lewat pertandingan dua set langsung.

Weng Hong Yang menumbangkan Chou dengan skor 21-10 dan 21-16. Durasi permainan antara kedua tunggal putra tersebut adalah 47 menit. Ia juga sukses memperpanjang rekor pertemuan dengan wakil Taiwan tersebut menjadi 2-0.

4. Pulangkan wakil Malaysia di semifinal

Road to Champion Weng Hong Yang di Australia Open, Jadi Kuda Hitam!Weng Hong Yang (instagram.com/ausbadmintonopen)

Pertarungan cukup sengit terjadi pada babak semifinal Australia Open 2023. Weng Hong Yang berhadapan dengan tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia. Laga ini merupakan pertemuan ketiga bagi kedua pemain dengan head-to-head sama kuat, yakni 1-1.

Bermain ketat sejak awal gim dimulai, Weng Hong Yang akhirnya mengunci kemenangan lewat pertandingan rubber game. Duel antara keduanya berlangsung hingga 1 jam 21 menit. Weng Hong Yang melaju ke partai final usai menang dengan skor 21-19, 13-21, dan 21-13.

5. Kembali mengalahkan pemain unggulan pada babak final

Road to Champion Weng Hong Yang di Australia Open, Jadi Kuda Hitam!Weng Hong Yang (instagram.com/ausbadmintonopen)

Pada partai puncak, Weng Hong Yang kembali berhadapan dengan pemain unggulan. Kali ini, ia bertemu pemain unggulan keenam asal India, Prannoy H.S. Rekor pertemuan keduanya adalah 1-0 untuk keunggulan Prannoy.

Pada laga final kemarin, Weng Hong Yang sukses mengemas kemenangan atas Prannoy dengan skor 21-9, 21-23, dan 22-20. Pertandingan antara keduanya berlangsung sengit hingga memakan waktu 1 jam 30 menit. Selepas laga ini, rekor pertemuan mereka berubah menjadi sama kuat, yaitu 1-1.

Dengan hasil ini, Weng Hong Yang sukses memberikan kejutan dengan menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang keluar sebagi juara di Australia Open tahun ini. Ia juga menjadi penyumbang medali emas kedua untuk China di Australia Open 2023 setelah Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, dari sektor ganda campuran.

Baca Juga: 9 Perubahan Peringkat Tunggal Putra Dunia setelah Japan Open 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya