Road to Final Jojo di All England 2024, Jadi Final S1000 Pertama!

Jojo tantang Ginting di partai puncak

All England 2024 memasuki babak final hari ini, Minggu (17/3/2024), yang berlangsung di Utilita Arena, Birmingham, Inggris. Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang berhasil menyegel satu tiket di babak final turnamen major event BWF tersebut.

All England 2024 ini juga menjadi final pertama bagi Jojo di turnamen BWF level Super 1000. Melalui seluruh pertarungan yang telah dilaluinya demi menembus laga puncak, berikut road to final Jonatan Christie di All England 2024.

1. Memulai babak pertama dengan pertandingan yang berjalan mulus

Road to Final Jojo di All England 2024, Jadi Final S1000 Pertama!Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Wakil Taiwan, Chou Tien Chen, menjadi lawan Jojo pada babak pertama All England 2024. Kedua pemain sudah cukup sering bertemu sebelumnya. Ini merupakan pertemuan ke-15 bagi Jojo dan Chou Tien Chen. Dari 14 pertemuan terakhir, Jojo memimpin head-to-head atas Chou Tien Chen dengan skor 8-6.

Pada laga mereka kali ini, Jojo kembali merperlebar jarak rekor pertemuan mereka usai mengalahkan wakil Taiwan tersebut. Dalam waktu 37 menit, Jojo menyingkirkan Chou Tien Chen lewat pertandingan straight game yang cukup mudah. Ia menang dengan skor akhir 21-4 dan 21-15.

2. Pulangkan unggulan kedelapan pada babak kedua

Road to Final Jojo di All England 2024, Jadi Final S1000 Pertama!Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Jojo berhadapan dengan pemain unggulan pada babak kedua All England 2024. Ia bersua Kunlavut Vitidsarn, unggulan kedelapan dari Thailand. Meski kalah dari segi peringkat, sejatinya Jojo memimpin head-to-head dengan skor 5-3 atas Kunlavut.

Pertandingan cukup alot tersaji antara Jojo dan tunggal putra muda andalan Negeri Gajah Putih tersebut. Lewat pertandingan berdurasi 1 jam 10 menit, Jojo meraih kemenangan dengan skor 21-19, 18-21, dan 21-13. Ia juga semakin mengungguli rekor pertemuannya atas Kunlavut.

Baca Juga: Jadwal Final All England 2024: Misi Indonesia Bawa 2 Gelar

3. Berhadapan dengan unggulan kedua di babak perempat final

Road to Final Jojo di All England 2024, Jadi Final S1000 Pertama!Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Jojo kembali bertemu unggulan di babak perempat final All England 2024. Kali ini, ia berhadapan dengan unggulan kedua dari China, Shi Yu Qi. Kedua pemain sudah pernah bertemu sebanyak 12 kali sebelumnya. Rekor pertemuan antara Jojo dan Shi Yu Qi adalah sama kuat, yaitu 6-6.

Pada pertemuan mereka di All England 2024, Shi Yu Qi terpaksa harus mundur dari pertandingan lantaran cedera. Pada set pertama, Shi Yu Qi kalah 12-21 atas Jojo. Namun, saat pertandingan berlanjut ke set kedua, ia tak mampu melanjutkan dan memilih untuk retired. Praktis, hal ini membuat Jojo otomatis menang dan lolos ke semifinal All England 2024.

4. Taklukkan tunggal putra India di babak semifinal

Road to Final Jojo di All England 2024, Jadi Final S1000 Pertama!Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Tunggal putra dari India menjadi lawan dari Jojo di babak 4 besar All England 2024. Ia adalah tunggal putra lapis kedua India, yaitu Lakshya Sen. Dari pertemuan mereka sebelumnya, sejauh ini Jojo masih memimpin rekor pertemuan atas Lakshya Sen dengan catatan 2-1.

Pada pertemuan keempat mereka ini, Lakshya Sen harus kembali takluk di tangan Jojo. Lewat pertandingan yang berjalan selama 1 jam 8 menit, Jojo menang dengan skor 21-12, 10-21, dan 21-15. Ia juga memperpanjang rekor pertemuan dengan Lakshya Sen menjadi 3-1.

5. Tantang Ginting di laga pamungkas All England 2024

Road to Final Jojo di All England 2024, Jadi Final S1000 Pertama!Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Tunggal putra Indonesia berhasil menciptakan all-Indonesia final di All England 2024. Jojo akan hadapi rekannya, Anthony Sinisuka Ginting, pada laga puncak. Ginting sendiri merupakan unggulan kelima di turnamen kali ini.

Dari segi peringkat dan rekor pertemuan, Ginting lebih unggul dibanding Jojo. Ginting saat ini ada di peringkat 5 dunia, sementara Jojo terpaut 4 peringkat dan duduk di urutan 9 dunia. Head-to-head keduanya pun sementara adalah 6-3 untuk keunggulan Ginting.

Babak final All England 2024 akan dimulai pukul 10.00 waktu setempat atau sekitar pukul 17.00 WIB. Meski di atas kertas Ginting lebih diunggulkan, tetapi Jojo tentunya masih punya peluang untuk menjuarai turnamen BWF Super 1000 pertama kali dalam perjalanan kariernya. Akankah Jojo mampu memberikan kejutan di partai final nanti?

Baca Juga: 3 Momen All Indonesian Final antara Ginting dan Jojo di Turnamen BWF

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya