Road to Final Lee Cheuk Yiu di India Open 2024, Penakluk Unggulan!

Final pertama Lee Cheuk Yiu di BWF Super 750

India Open 2024 telah selesai menggelar babak final pada, Minggu (21/1/2024), di K. D. Jadhav Indoor Stadium, New Delhi, India. Tunggal putra Hong Kong, Lee Cheuk Yiu, memastikan diri menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang berhasil menembus laga puncak turnamen BWF Super 750 tersebut.

Lee Cheuk Yiu sukses memberikan kejutan dengan menyingkirkan banyak pemain unggulan di India Open 2024. Menjadi final perdananya di turnamen BWF Super 750, simak road to final Lee Cheuk Yiu pada India Open 2024 melalui artikel ini!

1. Taklukkan wakil tuan rumah pada babak pertama

Road to Final Lee Cheuk Yiu di India Open 2024, Penakluk Unggulan!Lee Cheuk Yiu (instagram.com/lee_cy)

Wakil India, Kidambi Srikanth, menjadi lawan Lee Cheuk Yiu pada babak pertama India Open 2024. Ini merupakan pertemuan keempat bagi Lee Cheuk Yiu dan Srikanth. Dari tiga pertemuan sebelumnya, Lee Cheuk Yiu memimpin head-to-head atas Srikanth dengan 2-1.

Pada pertemuan mereka kali ini, Lee Cheuk Yiu kembali mampu mengalahkan wakil tuan rumah tersebut. Dalam waktu 47 menit, Lee Cheuk Yiu menyingkirkan Srikanth lewat pertandingan straight game. Ia menang dengan skor akhir 24-22 dan 21-13.

Baca Juga: Gagal 2 Kali, Indonesia Nir Gelar di Malaysia dan India Open

2. Menangi rubber game sengit dari unggulan ketujuh dan sang juara bertahan

Road to Final Lee Cheuk Yiu di India Open 2024, Penakluk Unggulan!Lee Cheuk Yiu (instagram.com/lee_cy)

Tunggal putra selanjutnya yang dihadapi Lee Cheuk Yiu adalah wakil dari Thailand. Kunlavut Vitidsarn yang merupakan unggulan ketujuh dan sang juara bertahan adalah lawan Lee Cheuk Yiu pada babak 16 besar. Dari segi rekor pertemuan, Kunlavut memimpin telak head-to-head mereka dengan 3-0 atas Lee Cheuk Yiu.

Pada babak kedua India Open 2024, Lee Cheuk Yiu mampu membalikkan keadaan. Dalam waktu pertandingan yang memakan waktu hingga 1 jam 22 menit, Lee Cheuk Yiu menyingkirkan sang juara bertahan tersebut. Lee Cheuk Yiu membukukan kemenangan atas Kunlavut dengan skor akhir 16-21, 22-20, dan 23-21. Dengan hasil ini, Lee Cheuk Yiu sukses menipiskan jarak head-to-head mereka menjadi 1-3.

3. Taklukkan unggulan keempat dari Indonesia di babak perempat final

Road to Final Lee Cheuk Yiu di India Open 2024, Penakluk Unggulan!Lee Cheuk Yiu (instagram.com/lee_cy)

Lee Cheuk Yiu berhadapan dengan wakil Indonesia yang jadi unggulan keempat, Anthony Sinisuka Ginting, di babak 8 besar. Laga ini merupakan pertemuan kelima bagi mereka. Dalam empat pertemuan sebelumnya, head-to-head keduanya sama kuat, yaitu 2-2.

Pada momen di babak perempat final india Open 2024, Lee Cheuk Yiu mampu menumbangkan Ginting. Ia berhasil mengalahkan Ginting lewat duel rubber game. Lee Cheuk Yiu menang dengan skor 21-17, 18-21, dan 21-13 lewat duel yang berlangsung selama 1 jam 5 menit.

4. Pulangkan unggulan kedua pada babak semifinal

Road to Final Lee Cheuk Yiu di India Open 2024, Penakluk Unggulan!Lee Cheuk Yiu (instagram.com/lee_cy)

Lee Cheuk Yiu lagi-lagi harus berhadapan dengan pemain unggulan pada babak semifinal India Open 2024. Unggulan kedua asal Jepang, Kodai Naraoka, adalah lawan yang ia hadapi. Pertarungan sengit kembali harus dilakoni Lee Cheuk Yiu. 

Lewat pertandingan yang berjalan selama 1 jam 24 menit, Lee Cheuk Yiu akhirnya memastikan diri melaju ke laga puncak. Ia mengemas kemenangan dengan skor 21-13, 15-21, dan 21-19. Ini juga menjadi kemenangan pertama Lee Cheuk atas Naraoka setelah dalam tiga pertemuan terakhir ia selalu menelan kekalahan.

5. Melawan unggulan keenam di laga pamungkas

Road to Final Lee Cheuk Yiu di India Open 2024, Penakluk Unggulan!Lee Cheuk Yiu (instagram.com/lee_cy)

Pada partai puncak, Lee Cheuk Yiu berhadapan dengan tunggal putra unggulan lainnya. Ia bersua wakil China, Shi Yu Qi, yang menempati posisi unggulan keenam di turnamen ini. Kedua pemain sudah cukup sering bertemu sebelumnya. Rekor pertemuan keduanya adalah 5-4 untuk keunggulan Shi Yu Qi.

Sayangnya, pada babak final India Open 2024, Lee Cheuk Yiu takluk di tangan Shi Yu Qi. Ia menelan kekalahan lewat pertandingan dua set langsung dalam berdurasi 54 menit. Dengan skor 21-23 dan 17-21, Lee Cheuk Yiu harus puas hanya mampu berdiri di podium runner-up India Open 2024.

Meski belum berhasil meraih gelar juara, perjalanan Lee Cheuk Yiu di India Open 2024 tetap patut diapresiasi. Pasalnya, ia menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang berhasil menembus laga puncak di turnamen BWF Super 750 tersebut.

Baca Juga: 7 Pemain Unggulan yang Gugur di Babak Kedua India Open 2024

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya