5 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023

Banyak unggulan tunggal putra tumbang di babak awal

Kejuaraan Asia 2023 berlangsung di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab, sejak Selasa, (25/4/2023) lalu. Turnamen BWF super 1000 ini melangsungkan babak semifinal hari ini, Sabtu (29/4/2023).

Ada banyak kejutan dari sektor tunggal putra. Salah satunya adalah banyaknya unggulan yang tumbang di babak-babak awal. Berikut lima unggulan tunggal putra yang gagal melaju ke semifinal Kejuaraan Asia 2023.

1. Lee Zii Jia (Malaysia) [3]

5 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023Lee Zii Jia (instagram.com/bwf.official)

Lee Zii Jia menjadi tunggal putra unggulan yang gugur pertama kali di Kejuaraan Asia 2023. Wakil Malaysia yang merupakan juara bertahan dan juga unggulan ketiga ini takluk oleh wakil Hongkong, Ng Ka Long Angus.

Pada babak pertama, Lee Zii Jia takluk dua gim langsung atas Ng Ka Long. Dalam waktu 39 menit, Ng Ka Long mengalahkan Lee Zii Jia dengan skor 21-19 dan 21-16.

2. Chou Tien Chen (Taiwan) [5]

5 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023Chou Tien Chen (instagram.com/bwf.official)

Satu lagi unggulan tunggal putra yang juga gugur di babak-babak awal adalah Chou Tien Chen. Wakil Taiwan yang menjadi unggulan kelima ini tumbang di babak kedua.

Lewat pertandingan yang berlangsung hingga satu jam, Chou harus mengakui keunggulan wakil China, Lu Guang Zu. Ia kalah dengan skor akhir  21-19, 14-21, dan 8-21.

Baca Juga: 5 Wakil Unggulan Indonesia di Badminton Asia Championship 2023

3. Kunlavut Vitidsarn (Thailand) [6]

5 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023Kunlavut Vitidsarn (instagram.com/bwf.official)

Kunlavut Vitidsarn, wakil Thailand yang menempati unggulan keenam, juga gugur di babak kedua Kejuaraan Asia 2023. Ia kalah dari tunggal putra muda, Li Shi Feng.

Lewat pertandingan dua gim langsung, Kunlavut tumbang di tangan Li. Wakil China ini membukukan kemenangan dengan skor 21-13 dan 21-15.

4. Kodai Naraoka (Jepang) [4]

5 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023Kodai Naraoka (instagram.com/bwf.official)

Unggulan tunggal putra dari Jepang gugur di perempat final Kejuaraan Asia 2023. Kodai Naraoka yang menempati unggulan keempat ini juga takluk atas wakil China, Lu Guang Zu.

Lu mengalahkan Kodai dalam waktu 47 menit. Skor akhir dari pertandingan ini adalah 19-21 dan 9-21 untuk kekalahan Kodai.

5. Prannoy H.S (India) [8]

5 Unggulan Tunggal Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023Prannoy H.S (instagram.com/bwf.official)

Nasib Prannoy H.S tidak berbeda dengan empat pemain lainnya. Unggulan kedelapan dari India ini gugur di babak perempat final Kejuaraan Asia 2023 saat melawan Kanta Tsuneyama.

Di tengah pertandingan, Prannoy memutuskan untuk retired. Sebelumnya, pada set pertama ia kalah 11-21 dari Kanta. Lalu, saat kedudukan 9-13 di set kedua, Prannoy memilih mundur dari pertandingan karena cedera.

 

Di sisi lain, keempat tunggal putra yang melaju ke semifinal adalah Anthony Ginting (unggulan kedua dari Indonesia), Loh Kean Yew (unggulan ketujuh dari Singapura), dan dua pemain nonunggulan, yaitu Lu Guang Zu (China) dan Kanta Tsuneyama (Jepang). Sementara itu, unggulan pertama, Jonatan Christie, memilih mundur dari Kejuaraan Asia 2023 karena sakit.

Baca Juga: 5 Unggulan Ganda Putra Gagal Melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya