7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023

Termasuk The Daddies dan Fajar/Rian

Japan Open 2023 telah usai. Laga puncak dari turnamen yang digelar di Yoyogi National Gymnasium, Tokyo, Jepang, ini berlangsung pada, Minggu (30/7/2023). Dari sektor ganda putra, hanya ada satu pemain unggulan yang berhasil melaju ke partai puncak turnamen BWF Super 750 ini.

Ganda putra tuan rumah, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang menempati unggulan kelima jadi satu-satunya pasangan unggulan ganda putra yang melaju ke final Japan Open 2023. Di sisi lain, tujuh unggulan ganda putra lain sudah gugur pada babak sebelumnya. Siapa saja mereka?

1. Liang Wei Keng/Wang Chang (China) [2]

7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023Liang Wei Keng/Wang Chang (instagram.com/bwf.official)

Unggulan kedua asal China, Liang Wei Keng/Wang Chang, gagal melaju ke final Japan Open 2023 setelah diadang pasangan tuan rumah yang berstatus nonunggulan, Akira Koga/Taichi Saito. Ganda putra yang juga merupakan sang juara bertahan tersebut harus tumbang pada babak kedua dalam waktu pertandingan 44 menit. Koga/Saito mengalahkan Liang/Wang dua gim langsung dengan skor 21-16 dan 23-21.

Baca Juga: Leo/Daniel Langsung Tersingkir di Japan Open 2023, Apes Banget

2. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) [6]

7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (instagram.com/bwf.official)

Ganda putra unggulan yang juga gugur di babak kedua adalah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Wakil Malaysia yang menempati unggulan keenam ini takluk atas Lee Yang/Wang Chi Lin, pemain nonunggulan asal Taiwan. Ong/Teo harus melewati pertarungan sengit rubber game selama 1 jam 4 menit. Skor akhir dari pertandingan kedua ganda putra ini adalah 15-21, 21-18, dan 21-16 untuk kemenangan Lee/Wang.

3. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) [4]

7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023Aaron Chia/Soh Wooi Yik (instagram.com/bwf.official)

Ada lagi ganda putra unggulan Malaysia yang gagal melaju ke final Japan Open 2023. Aaron Chia/Soh Wooi Yik, yang merupakan unggulan keempat, tumbang pada babak perempat final. Ganda putra tuan rumah, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi jadi pasangan yang mengalahkan mereka. Pertarungan mereka berlangsung selama 1 jam 5 menit dengan skor akhir 10-21, 21-15, dan 21-16.

4. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) [3]

7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (instagram.com/bwf.official)

Wakil India yang jadi unggulan ketiga, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, juga takluk pada babak 8 besar Japan Open 2023. Mereka ditumbangkan pasangan nonunggulan dari Taiwan, yaitu Lee Yang/Wang Chi Lin. Rankireddy/Shetty harus mengakui keunggulan Lee/Yang dalam pertandingan tiga gim. Dengan skor 15-21, 25-23, dan 16-21, pasangan India ini tumbang dalam waktu 1 jam 10 menit.

Baca Juga: 5 Negara dengan Wakil Terbanyak di Semifinal Japan Open 2023

5. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia) [7]

7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Pada babak perempat final Japan Open 2023 terjadi derbi antara ganda putra Indonesia. Mereka adalah Fajar Alfian/Rian Ardianto yang jadi unggulan pertama dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang merupakan unggulan ketujuh. Duel ini dimenangi Fajar/Rian dengan pertarungan yang berlangsung cukup cepat. Hanya dalam waktu 25 menit, The Daddies takluk atas Fajar/Rian dengan skor akhir 9-21 dan 13-21.

6. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) [1]

7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Sukses mengalahkan rekan senegara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tetap tak mampu melangkah hingga akhir. Langkah mereka dipatahkan oleh Lee/Wang pada babak semifinal. Lewat pertandingan yang berlangsung selama 37 menit, ganda putra nomor satu dunia tersebut harus mengakui keunggulan Lee/Wang dengan skor 19-21 dan 10-21.

7. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) [8]

7 Unggulan Ganda Putra yang Gagal Melaju ke Final Japan Open 2023Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (instagram.com/bwf.official)

Unggulan ganda putra terakhir yang gagal melaju ke final Japan Open 2023 adalah Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Senada seperti Aaron/Soh, pasangan China yang jadi unggulan kedelapan ini juga diadang ganda putra unggulan kelima dari tuan rumah, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Dalam waktu pertandingan 37 menit, Liu/Ou takluk di tangan Hoki/Kobayashi dengan skor akhir 10-21 dan 15-21.

Pada final Japan Open 2023, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menghadapi ganda putra nonunggulan, yakni Lee Yang/Wang Chi Lin. Secara mengejutkan, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi kandas di partai puncak oleh ganda putra Taiwan itu. Mereka takluk dengan skor 21-19, 21-13.

Baca Juga: Jojo Tumbang Lawan Axelsen di Final Japan Open 2023

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya