18 Pembalap Panaskan F1 Powerboat 2024

Indonesia dapat ekspektasi tinggi dari dunia internasional

Jakarta, IDN Times - F1 Powerboat (F1H2O) 2024 kembali hadir di Danau Toba, Sumatra Utara pada 2-3 Maret 2024 mendatang. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku penyelenggara memastikan 18 pembalap akan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

F1 Powerboat di Danau Toba musim ini akan berbeda. Setelah sukses digelar dalam dua tahun beruntun, seri Danau Toba kali ini bakal menjadi pembuka dari musim 2024.

1. Diikuti 18 riders mancanegara

18 Pembalap Panaskan F1 Powerboat 2024Presiden RI, Jokowi saat menghampiri pemenang F1 Powerboat 2023, Minggu (26/2/2023). (Instagram/@jokowi).

Sebanyak 18 pembalap papan atas akan beradu cepat di atas danau vulkanik terbesar dunia tersebut. Mereka pastinya ingin mencuri start dalam persaingan balap perahu tercepat itu. Menarik untuk dinantikan, apakah pembalap Stromoy Racing, Bartek Marszalek, bisa mempertahankan prestasinya di Danau Toba.

"Kita akan kedatangan 18 riders dari lebih dari 10 negara, 30 tim, dan dengan 200 kru, akan hadir di Danau Toba mulai pekan depan," ujar Maya.

Baca Juga: F1 Powerboat Ditargetkan Sumbang Perputaran Uang Rp2 Triliun

2. Logistik sudah tiba di Indonesia

18 Pembalap Panaskan F1 Powerboat 2024Konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Saat ini, logistik untuk balapan sudah tiba di Indonesia. Maya menuturkan, proses distribusi logistik ke Danau Toba begitu kompleks dan harus dilakukan secara hati-hati. Dengan begitu, masih ada waktu bagi para pembalap menyiapkan logistik jelang sesi latihan bebas paada 1 Maret 2024.

"Lebih dari 100 ton logistik sudah hadir dengan logistik yang sangat challenging untuk mencapai lokasi," kata Maya.

3. Dapat ekspektasi tinggi dari dunia internasional

18 Pembalap Panaskan F1 Powerboat 2024Konferensi pers persiapan F1 PowerBoat Danau Toba 2024, Senin (19/2/2024). (dok. InJourney)

Indonesia dinyatakan sebagai penyelenggara terbaik gelaran F1 Powerboat pada 2023 lalu. Kala itu Indonesia debut sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut. Predikat tersebut membuat dunia internasional memasang ekspektasi tinggi untuk Indonesia tahun ini.

"Ajang F1 Powerboat 2023 Danau Toba akan menjadi pembuka musim dan menjadi balapan yang menarik untuk dilihat. Indonesia menjadi penyelenggara terbaik tahun lalu, ini membuat negara-negara lain dan media luar jadi punya ekspektasi tinggi untuk penyelenggaraan tahun ini di Indonesia,", ujar perwakilan H2O, Raimondo di San Germano saat hadir dalam konferensi pers via Zoom.

InJourney juga akan menggelar side event, selama turnamen berlangsung mulai dari kompetisi Solu Bolon antar kabupaten di Sumatra Utara dan Aquabike Indonesia Championship yang akan diikuti pembalap nasional. Musisi dan komika tanah air pun dipastikan akan meramaikan gelaran ini.

Baca Juga: Antisipasi Ombak Tinggi, F1 Powerboat Digelar Pagi Hari

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya