CEK FAKTA: 3 Ganda Indonesia Diisukan Cerai, Benarkah?

Badminton lovers patah hati

Jakarta, IDN Times - Rumor tak mengenakkan datang dari sektor ganda bulu tangkis Indonesia. Jelang tutup 2023, ada tiga pasangan yang diisukan bakal pisah pada 2024.

Ketiganya berasal dari sektor ganda putra dan campuran. Dua dari tiga pasangan tersebut bahkan pernah menjadi pemain elite dunia dan nomor satu di Indonesia. Sejauh mana kebenarannya?

Saat ditemui di Pelatnas PBSI, pelatih ganda Indonesia, Aryono Minarat, belum membenarkan atau membantah. Hanya saja, Aryono mengakui masih mau mengevaluasi kinerja dua ganda yang dibina PBSI. Lantas, siapa saja yang berpotensi cerai di akhir 2023 nanti?

1. Pramudya/Yeremia

CEK FAKTA: 3 Ganda Indonesia Diisukan Cerai, Benarkah?Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erichb Yoche Yacob Rambitan di SEA Games 2023 (dok. PP PBSI)

Pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di ambang perpisahan. Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kini tinggal menunggu keputusan final dari Pramudya soal kelanjutan kariernya di Pelatnas.

Lama menjadi pasangan main, Pramudya/Yeremia terancam cerai karena Pramudya punya niatan keluar dari pelatnas, demi melanjutkan pendidikannya. PBSI pun tak menampik soal isu ini.

"Sampai saat ini sih Pram (Pramudya) masih bagian dari PBSI. Jadi belum ada surat resminya. Kalau ada surat resmi baru PBSI mengumumkan. Jadi saya kira masih di PBSI," kata Aryono ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (6/12/2023).

2. Kevin/Marcus

CEK FAKTA: 3 Ganda Indonesia Diisukan Cerai, Benarkah?Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akrab dijuluki The Minions (Instagram.com/kevin_sanjaya)

Kabar mengejutkan lainnya datang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Lama dipasangkan, mantan pemain ranking satu dunia ini diisukan bakal resmi cerai pada 2024.

Kevin/Marcus saat ini dipisah sementara, setelah Marcus Gideon harus kembali naik meja operasi karena cedera. Kevin lantas bertanding di dua turnamen bersama Rahmat Hidayat.

Saat kondisinya sudah pulih, Marcus juga mendapat pasangan baru dan berlaga di dua turnamen bersama Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

Pelatih kepala ganda putra Indonesia, Aryono Miranat mengaku belum ada keputusan resmi yang diambil soal nasib pasangan Minions, begitu Kevin/Marcus akrab dijuluki, untuk 2024.

"Belum tahu (untuk Minions kembali). Nunggu rencana dari Kevin dan Marcus. Setelah Marcus balik dari India, Kevin juga mulai latihan lagi. Nanti baru kami bicarakan lagi," kata Aryono.

3. Praveen/Melati

CEK FAKTA: 3 Ganda Indonesia Diisukan Cerai, Benarkah?Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (djarumbadminton.com)

Satu lagi pasangan yang diisukan pisah pada 2024 adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Ganda campuran yang sempat menempati ranking empat dunia ini pernah menjadi yang terbaik di Indonesia, sebelum dikeluarkan dari pelatnas dan dibina PB Djarum.

Setelah operasi yang dilalui Praveen Jordan, performa Praveen/Melati tak juga kembali ke puncak. Pasangan yang dijuluki Honey Couple ini bahkan kerap tumbang di babak pertama dan kedua turnamen yang mereka ikuti.

Puncaknya, Praveen/Melati dinyatakan mundur dari Malaysia Open 2024 pada Januari 2024. Hal ini makin memperkuat isu keduanya akan dipisahkan.

Ditambah lagi dengan cuitan anggota dewan BWF asal Indonesia, Bambang Roedyanto, yang seolah memperkuat dugaan. Melati dikabarkan bakal dipasangkan dengan mantan tunggal putra Pelatnas PBSI, Bobby Setiabudi. Tak lagi jadi penghuni Pelatnas Cipayung, Bobby diketahui kembali ke klub asalnya, PB Djarum.

"Berarti Melati bakal dengan pasangan baru. Apakah dengan Bobby (Setiabudi)?" tulis Rudy.

Baca Juga: Pelatih Belum Tentukan Kelanjutan Nasib Minions di 2024

Baca Juga: Pramudya Diisukan Mundur dari Pelatnas, PBSI: Kita Inginnya Jangan!

Topik:

  • Rochmanudin
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya