3 Wakil Indonesia yang Bakal Debut di Thomas Uber Cup 2024

Alwi Farhan, Ruzana, dan Rachel/Trias debut di Thomas Uber

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi merilis daftar pemain yang akan berlaga di Thomas dan Uber Cup 2024. Dari daftar skuad Indonesia yang diumumkan, tiga di antaranya akan menjalani debut di ajang beregu putra dan putri terakbar dunia terebut.

Alwi Farhan (tunggal putra), Ruzana (tunggal putri), dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose (ganda putri) akan debut dalam turnamen yang diagendakan berlangsung pada 27 April hingga 5 Mei 2024 di Chengdu, China.

Skuad Indonesia menurunkan kekuatan terbaiknya. Elite bulu tangkis Tanah Air diturunkan untuk berebut membawa pulang piala Thomas dan Uber 2024.

1. Debut di Thomas Cup, Alwi

3 Wakil Indonesia yang Bakal Debut di Thomas Uber Cup 2024Alwi Farhan (pbsi.id)

Tunggal putra muda Indonesia, Alwi Farhan menjadi sorotan BWF setelah namanya dimasukkan dalam daftar pemain Indonesia untuk Thomas Cup 2024. Alwi dinilai sebagai pemain muda menjanjikan.

Alwi menempati ranking 64 dunia. Dia sudah menjalani empat turnamen sepanjang 2024. Seluruhnya merupakan ajang Super 300 yakni Thailand Masters 2024, Swiss Masters 2024, dan Spain Masters 2024.

Alwi juga memperkuat skuad Merah Putih di Kejuaraan Beregu Asia. Tim Indonesia melaju hingga babak perempat final.

2. Nama Ruzana jadi kejutan

3 Wakil Indonesia yang Bakal Debut di Thomas Uber Cup 2024Tunggal putri Indonesia, Ruzana (https://Instagram.com/ruzana_22)

Skuad beregu putri Indonesia memberi kejutan dalam daftar skuad Ubernya. Atlet 19 tahun, Ruzana, diturunkan sebagai tunggal putri keempat. Ruzana masih menempati ranking 108 dunia, dan sudah mengikuti empat turnamen level series serta challenge sepanjang 2024.

Capaian Ruzana terbilang apik di empat turnamen yang diikutinya. Dia terhenti di semifinal Srilanka International Challenge 2024, keluar sebagai juara di Srilanka International Series, dan kandas di perempat final Vietnam International Challenge 2024 dan International Challenge Thailand 2024 pada akhir Maret lalu.

3. Rachel/Trias masuk skuad Uber

3 Wakil Indonesia yang Bakal Debut di Thomas Uber Cup 2024Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose saat menjuarai Orleans Masters 2024. (pbsi.id)

Satu lagi pemain yang akan debut di Thomas Uber Cup 2024, adalah pasangan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari. Ganda putri muda Indonesia ini saat ini menempati peringkat 34 dunia.

Nama Rachel/Trias masuk sebagai kejutan mengingat skuad PBSI memutuskan tak mengirim pelapis pertama mereka, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Rachel/Trias sudah menjalani tujuh turnamen sepanjang 2024. Keduanya keluar sebagai juara di Orleans Masters 2024 usai menumbangkan pasangan Jepang, Rui Hirokami/Yuna Kato, dengan skor 21-12, 21-18.

Uber Cup 2024 bukan turnamen beregu pertama Rachel/Trias. Keduanya sudah ikut memperkuat skuad Merah Putih di Kejuaraan Beregu Asia dan terhenti di semifinal.

Baca Juga: Daftar Skuad Indonesia untuk Thomas dan Uber Cup 2024

Baca Juga: 12 Atlet Muda Debut di Piala Thomas & Uber, Siap Tempur!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya