7 Negara Siap Unjuk Gigi di Superliga Junior 2023

Berebut hadiah hingga ratusan juta rupiah

Jakarta, IDN Times - Sebanyak tujuh negara bersiap untuk bersaing di ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Polytron Superliga Junior 2023. Kegiatan ini akan berlangsung pada 8-14 Mei 2023 di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah.

Ketujuh negara yang akan berlaga adalah Indonesia, Singapura, Chinese Taipei, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Hongkong. Empat piala bergengsi diperebutkan untuk kelompok usia U-17 dan U-19 masing-masing untuk nomor putra dan putri.

1. Adaptasi format Thomas dan Uber Cup

7 Negara Siap Unjuk Gigi di Superliga Junior 2023Tim Indonesia saat menjuarai Thomas Cup 2020 (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Ajang Superliga Junior 2023 mengadaptasi format kejuaraan beregu putra Piala Thomas dan kejuaaan beregu putri Piala Uber.

Akan ada lima partai yang dipertandingkan. Masing-masing terdiri dari tiga wakil tunggal dan dua wakil ganda.

Polytron Superliga Junior 2023 menawarkan total hadiah lebih dari 1 miliar rupiah. Kategori U-19 masing-masing akan mendapatkan hadiah sebagai Rp150 (juara I), Rp75 juta (juara II), dan Rp40 juta (juara III bersama).

Sedangkan kategori U-17 akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp100 juta (juara I), Rp50 juta (juara II), dan Rp25 juta (Juara III bersama).

Baca Juga: Jadwal Pertandingan 2 Wakil Indonesia di Semifinal BAC 2023

2. Nama Piala dari legenda Indonesia

7 Negara Siap Unjuk Gigi di Superliga Junior 2023Susy Susanti ditemui di GOR Djarum Jati, Kudus (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Empat piala yang diperebutkan diberi nama masing-masing diambil dari nama legenda bulu tangkis Indonesia.

Pada kategori U-19, piala yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk kejuaraan putra, dan Piala Susy Susanti kejuaraan putri Putri.

Sementara itu, kategori U-178 akan memperebutkan Piala Hariyanto Arbi untuk laga putra, dan Piala Yuni Kartika untuk laga putri.

3. Diikuti 13 klub dari benua Asia

7 Negara Siap Unjuk Gigi di Superliga Junior 2023Susy Susanti dan Alan Budikusuma jadi tim pencari bakat di Audisi Umum PB Djarum 2022 (dok.Istimewa)

Tercatat, ada 13 klub yang akan mengikuti turnamen ini. Seluruhnya tak hanya dari klub nasional, namun juga klub bulu tangkis yang ada di Benua Asia.

Pada kategori U-19, klub yang akan menurunkan atlet terbaiknya, antara lain PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, Vietnam Team, PB Mutiara Cardinal Bandung, Tjakrindo Masters Sony Dwi Kuncoro Badminton Training, PB Power Rajawali, Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Club, Chinese Taipei U-19, dan Singapore Team.

Sementara pada kategori U-17, terdapat tujuh klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, PB Mutiara Cardinal Bandung, Indihome Gideon Badminton Academy, Malaysia BAM (Malaysia), Banthongyord (Thailand), Hongkong Team, dan Singapore Team.

“Melalui Polytron Superliga Junior 2023 kami ingin memberikan kesempatan kepada para pemain muda kita untuk bertanding dalam format beregu. Karena untuk level junior tidak banyak kejuaraan dalam format beregu. Maka dari sini mereka bisa belajar dan meningkatkan kemampuan. Mudah-mudahan ini dapat memberikan manfaat sehingga kedepan badminton akan semakin berjaya,” kataDirektur Superliga, Achmad Budiharto mengutip keterangan tertulis.

Baca Juga: Dari Papua ke Kudus Demi Mimpi Mengikuti Jejak Susy Susanti

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya