Alami Cedera Lutut, Roger Federer Mundur dari Olimpiade Tokyo

Roger Federer telah mengumumkan pengunduran dirinya

Jakarta, IDN Times - Petenis handal asal Swiss, Roger Federer memutuskan untuk mundur dari ajang olahraga akbar dunia Olimpiade Tokyo 2020 lantaran cedera lutut.

"Saya mengalami cedera pada lutut saya dan harus menerima (kenyataan) bahwa saya harus mundur dari Olimpiade Tokyo 2020," ujar Roger Federer dalam akun Instagramnya (@rogerfederer).

"Saya sangat kecewa karena selalu menjadi kehormatan dalam karir saya tiap kali saya bisa mewakili Swiss."

Baca Juga: Pakai Kokain, 4 Pekerja Olimpiade Tokyo Dicokok Polisi

1. Federer sudah dua kali jalani operasi lutut sepanjang 2020

Alami Cedera Lutut, Roger Federer Mundur dari Olimpiade Tokyoessentiallysports.com

Pemain yang akan memasuki usia 40 tahun ini sudah menjalani dua kali operasi lutut sepanjang 2020. Imbasnya, Federer harus menjalani rehabilitasi selama lebih dari satu tahun.

Federer baru kembali beraksi pada bulan Maret, tepat 13 bulan setelah turnamen Australian Open yang diikutinya tahun lalu.

Federer sempat turut berakhis di Wimbledon dan berusaha mengejar gelar kesembilannya. Sayangnya Federer justru keok di perempat final usai takluk melawan Hubert Hurkacz.

Baca Juga: Lepas Atlet ke Olimpiade Tokyo, Jokowi: Bawa Medali yang Membanggakan

2. Catatan Olimpiade Federer

Alami Cedera Lutut, Roger Federer Mundur dari Olimpiade TokyoRoger Federer (Instagram.comrogerfederer)

Perjalanan Federer di Olimpiade tak main-main. Federer sempat menjalani laga Olimpiade di antara tahun 2000 hingga 2012.

Federer memenangkan medali emas dari ajang Olimpiade Beijing 2008 di sektor ganda putra bersama rekannya, Stan Wawrinka.

Di Olimpiade London 2012 Federer harus puas dengan hasil medali perak di sektor tunggal usai takluk dari Briton Andy Murray.

3. Federer bukan satu-satunya petenis yang mundur

Alami Cedera Lutut, Roger Federer Mundur dari Olimpiade TokyoRoger Federer (Instagram.comrogerfederer)

Tak hanya Federer, sejumlah petenis dengan gelar pemenang 20 kali Grand Slam juga turut mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo 2020.

Mereka adalah Rafael Nadal, Serena Williams, Sofia Kenin, Dominic Thiem, Simona Halep, Nick Kyrgios, Bianca Andreescu dn Denis Shapovalov.

Johanna Konta juga terpaksa mundur setelah terkonfirmasi positif COVID-19. Selain itu, Novak Djokovic disebut masih bimbang untuk turut berpartisipasi dalam Olmpiade lantaran keputusan penyelenggara membatasi jumlah penonton dan pembatasan jumlah orang yang diizinkan turut serta ke Tokyo bersama dia.

Baca Juga: Bukan Medali, Ini Target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya