Alasan Pelatih Pasangkan Lanny/Fadia di Uber Cup 2024

Apriyani pemulihan, Ribka alami flu

Jakarta, IDN Times - Tim putri Indonesia nekat memasangkan Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti melawan Jepang di fase penyisihan Grup C Uber Cup 2024. Lanny/Fadia akan jadi ganda pertama beregu putri Indonesia dalam duel kontra Jepang, disusul Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari sebagai yang kedua maju dalam perebutan posisi puncak klasemen Grup C.

Menurut pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, keputusan ini terpaksa diambil. Sebab, Apriyani Rahayu dan Ribka Sugiarto tak dapat berlaga di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China pada Rabu (1/5/2024).

"Memang, ini keputusan yang harus diambil. Memasangkan Fadia dengan Lanny dan tidak memecah Rachel/Trias," kata Eng Hian dalam keterangan tertulis.

1. Apriyani belum bisa dimainkan

Alasan Pelatih Pasangkan Lanny/Fadia di Uber Cup 2024Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Uber Cup 2024 melawan tim beregu putri Uganda (dok. PP PBSI)

Eng Hian punya alasan sendiri tak memainkan Apriyani di momen krusial ini. Apriyani disebut Eng Hian masih menjalani masa pemulihan pasca cedera yang dialaminya.

"Saya melihat ada kemajuan di saat latihan. Tapi, saya juga merasa risiko terlalu besar untuk dia, bila harus langsung menghadapi laga ketat melawan Jepang," kata Eng Hian.

Baca Juga: Uber Cup 2024: Gregoria Kalahkan Akane, Indonesia Unggul

2. Ribka Sugiarto terserang flu

Alasan Pelatih Pasangkan Lanny/Fadia di Uber Cup 2024Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto keluar sebagai juara di Swiss Open 2024. (dok. PP PBSI)

Sementara itu, Ribka yang merupakan pasangan main asli dari Lanny mengalami flu. Kondisi Ribka yang belum 100 persen pulih membuat Eng Hian enggan memainkannya.

"Semalam, kami sudah membawa dia ke rumah sakit dan hari ini kondisinya sudah berangsur pulih. Saya berharap saat perempat final nanti, Ribka sudah siap kembali diturunkan, kata Eng Hian.

3. Laga penentuan juara Grup C

Alasan Pelatih Pasangkan Lanny/Fadia di Uber Cup 2024Skuad Indonesia untuk Uber Cup 2024 (X.com/INABadminton)

Laga Indonesia kontra Jepang di penyisihan Grup C Uber Cup 2024 sekaligus menjadi ajang penentuan status.

Indonesia dan Jepang sama-sama mengunci kemenangan sempurna 5-0 melawan Hong Kong dan Uganda selama fase penyisihan grup.

Saat ini, Jepang berada di puncak klasemen sementara Grup C. Sementara Indonesia di peringkat kedua. Tercatat Jepang unggul poin kekalahan dibanding Indonesia.

Jepang mencatat poin kekalahan 208 alias 67 poin lebih sedikit ketimbang Indonesia di 275.

Baca Juga: Kenapa Siti Fadia Gantikan Greysia Polii? Ini Kata Eng Hian

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya