Antisipasi Ombak Tinggi, F1 Powerboat Digelar Pagi Hari

Demi keselamatan para pembalap

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan Internasional Balap Perahu Motor (F1 Powerboat) pada 2-3 Maret 2024 dipastikan bakal digelar pagi hari. Ini dilakukan demi mengantisipasi ombak tinggi yang ada di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara tempat ajang ini digelar.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau yang akrab dikenal dengan InJourney, memutuskan pertandingan F1 Powerboat dilakukan pagi hari demi keselamatan para pembalap. Sementara itu, sore hari akan digelar Kejurnas Jetski Aquabike.

1. Belajar dari pengalaman 2023

Antisipasi Ombak Tinggi, F1 Powerboat Digelar Pagi HariKonferensi pers persiapan F1 PowerBoat Danau Toba 2024, Senin (19/2/2024). (dok. InJourney)

Pada penyelenggaraan F1 Powerboat 2023 lalu, Maya mengakui banyak pelajaran untuk InJourney. Hal itu lantaran tahun lalu merupakan kali pertama InJourney dan Indonesia menjadi tuan rumah ajang ini.

Salah satu pelajaran berharga yang diambil adalah mengenai kondisi cuaca.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, bercerita jika pada gelaran sebelumnya sempat ada balapan yang terpaksa dihentikan karena faktor cuaca. Kala itu angin kencang tengah melanda venue.

"Ombaknya tinggi sekali waktu itu sampai dua meter, sehingga para racert tidak bisa melihat. Jadi untuk safety itu bahaya. Situasinya untuk racers gak bisa lihat, boatnya sudah kebalik jadi kita juga harus mementingkan safety," ujar Maya dalam konferensi pers F1Powerboat pada Senin, 19 Februari 2024.

Baca Juga: F1 PowerBoat Danau Toba, Jurus Kejar Pemasukan Pariwisata Rp3.500 T

2. Balapan di pindah pada pagi hari

Antisipasi Ombak Tinggi, F1 Powerboat Digelar Pagi HariAksi pembalap Bartek Marszalek di latihan bebas F1H2O atau F1 Powerboat Danau Toba, Sabtu (25/2/2023) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Maya mengatakan, timnya sudah mempelajari lebih jauh kondisi di Danau Toba, terutama soal cuacanya. InJourney mencatat kawasan Danau Toba cenderung lebih berangin kencang pada siang hari.

"Kali ini kita race-nya pagi hari sebelum makan siang. Karena memang kita pelajari di Danau Toba itu setelah jam 12 sampai  jam 1 (siang) anginnya memang kencang. Jadi kita memitigasi itu dengan mengadakan race di pagi hari," ujar Maya.

3. Kejurnas Jetski digelar pada sore hari

Antisipasi Ombak Tinggi, F1 Powerboat Digelar Pagi HariBalapan Aquabike Jetski World Championship 2023 (Dokumentasi InJourney)

Namun, Maya memastikan para penonton yang datang ke F1 Powerboat masih akan disuguhkan dengan balapan menarik pada siang hari. Gelaran Kejuaraan Nasional Jetski Aquabike akan berlangsung pada siang hingga sore hari di lokasi yang sama.

Kejurnas Jetski ini sekaligus jadi ajang kualifikasi untuk Aquabike World Championship yang akan berlangsung pada November 2024 mendatang.

"Sore hari kita akan melihat Jetski. Untungnya kalau Jetski itu suka ombak jadi makin tinggi ombaknya makin oke," kata Maya.

Baca Juga: F1 PowerBoat Ditargetkan Dongkrak Wisatawan hingga 25 Persen

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya