Atlet Panjat Tebing Rahmad Pasang Target Medali Emas di Olimpiade 2024

Rahmad Adi jadi wakil speed putra Indonesia

Jakarta, IDN Times - Atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono, pasang target besar di Olimpiade 2024 Paris. Rahmad yang turun di nomor speed putra bercita-cita meraih medali emas di Olimpiade 2024.

"Target saya medali emas Olimpiade," kata Rahmad singkat saat ditemui di Pelatnas FPTI, Bekasi.

Keinginan Rahmad sejalan dengan target Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang pasang target untuk bawa pulang dua medali emas dari Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Panjat Tebing Incar 2 Emas di Olimpiade 2024 Paris, Yakin Bisa Lebih!

1. Janji akan lebih disiplin

Atlet Panjat Tebing Rahmad Pasang Target Medali Emas di Olimpiade 2024Atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono (instagram.com/rahmadadimulyono_)

Rahmad mengatakan, masih ada aspek yang harus dibenahi dari performanya sebagai atlet yang akan berlaga di Olimpiade. Kedisiplinan menjadi salah satu yang utama.

"Ingin lebih giat latihan dan lebih disiplin, (supaya) memperkecil (catatan) waktu latihan," ujar Rahmad.

Dia merasa, hingga saat ini kedisiplinannya masih belum teruji dengan melihat catatan waktu latihan yang didapatkannya masih kerap naik-turun.

2. Persaingan rata di speed putra

Atlet Panjat Tebing Rahmad Pasang Target Medali Emas di Olimpiade 2024Atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Bukan rahasia jika skuad Indonesia kerap dominan di nomor speed putra. Juara dunia hingga rekor dunia dipegang oleh skuad Garuda.

Menurut Rahmad, persaingan di speed putra dunia pun terbilang merata. Rahmad enggan menyebutkan negara mana yang bakal jadi ancaman terberat.

"Lawan dari negara lain persaingannya sudah rata. Tinggal fokus sama tenang saja kuncinya," ujar dia.

3. Pastikan diri tampil di Olimpiade

Atlet Panjat Tebing Rahmad Pasang Target Medali Emas di Olimpiade 2024Rahmad Adi Mulyono (instagram.rahmadadimulyono_)

Rahmad Adi Mulyono memastikan diri bakal tampil di Olimpiade 2024 Paris. Kepastian ini didapatkan usai Rahmad menjadi juara di Kualifikasi Zona Asia (Asian Qualifier) 2023 yang berlangsung di Lot 11 GBK, Jakarta pada Minggu (12/11/2023). 

Rahmad menjadi yang tercepat usai mengalahkan rekan senegaranya Kiromal Katibin dalam derby Indonesia, dengan catatan waktu 5,352 detik di babak final. Sementara, Kiromal Katibin finish di posisi kedua usai dinyatakan fall. 

Baca Juga: Juara di Asian Qualifier, Rahmad Adi Kunci Tiket Olimpiade 2024 Paris

Baca Juga: Veddriq vs Katibin untuk Olimpiade 2024, FPTI Dorong Siapa?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya