Atletik Dapat 2 Tiket Wildcard ke Olimpiade 2024, PASI Buka Suara

Tim Indonesia masih kejar tiket Olimpiade

Jakatra, IDN Times - Manajer tim nasional atletik Indonesia Mustara Musa menjelaskan soal dua tiket wildcard Olimpiade 2024 Paris yang dikabarkan diraih wakil tanah air.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Indonesia mengumumkan dua atlet atletik atas nama Lalu Muhammad Zohi dan Odekta Elvina Naibaho akan mewakili Indonesia ke Paris 2024.

"Kalau KOI menilai kami bagian daripada yang layak, memang ada wildcard. Tapi kami juga sedang menuju kepada lolos kualifikasi yang sudah ditetapkan," ujar Mustara dihubungi IDN Times pada Jumat (29/3/2024) malam WIB.

1. Semula ada tiga nomor yang dijagokan

Atletik Dapat 2 Tiket Wildcard ke Olimpiade 2024, PASI Buka SuaraSprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Mustara mengatakan, ada tiga nomor yang dijagokan PASI bisa tampil di Olimpiade 2024. Ketiga nomor tersebut adalah sprint 100 meter, maraton, dan estafet. Ketiga nomor tersebut, menurut Mustara, sudah diajukan kepada tim review.

Skuad Atletik Indonesia juga disebut sudah diminta mempersiapkan atlet agar menembus panggung Olimpiade 2024 Paris usai berlaga di SEA Games Kamboja lalu.

"Dan kami sampaikan di tim review bahwa kita ingin mendorong ada Zohri dengan sprinter 100 meter nya, ada Odekta dengan maratonnya, dan ada tim estafet sebetulnya yang kita usulkan, tapi tim menerimanya hanya dua atlet yaitu Zohri dan Odekta," ujar Mustara.

Baca Juga: Lalu Zohri dan Odekta Dapat Wild Card Tampil di Olimpiade 2024 Paris

2. Pertimbangan pemiihan nama sudah berlangsung selama setahun

Atletik Dapat 2 Tiket Wildcard ke Olimpiade 2024, PASI Buka SuaraAtlet atletik Indonesia, Odekta Elvina Naibaho (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menurut Mustara, pemilihan nama-nama tersebut bukan tanpa pertimbangan matang dari PASI.

"Pemilihan ini pasti bukan ujuk-ujuk, ini sudah berproses dari setahun yang lalu," ujar Mustara.

Kini, Zohri tengah berada di Amerika Serikat untuk menjalani pemusatan latihan. Di sana, dia juga mengikuti beberapa turnamen lokal.

Sementara itu, Odekta disebut Mustara lebih memilih berlatih di dalam negeri.

3. Masih ada sisa turnamen

Atletik Dapat 2 Tiket Wildcard ke Olimpiade 2024, PASI Buka SuaraLalu Muhammad Zohri (kedua dari kanan) saat tampil di cabang olahraga ateltik di nomor 100 meter putra Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA/NOC Indonesia/Naif Al'as/Handout/sgd/wsj).

Meski mendapat tiket wildcard ke Olimpiade 2024 Paris, Mustara memastikan Zohri dan Odekta tak bisa bersantai. Keduanya masih akan terus mengikuti sederet turnamen yang masuk dalam kalender kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Zohri masih memiliki sejumlah turnamen baik tryout dan ajang kualifikasi. Terbesar adalah Seiko Golden Grand Prix pada 19 Mei 2024 mendatang di Jepang dan Athletics Open 2024 pada 1-2 Juni 2024 di Taiwan.

Sementara itu, Odekta hanya memiliki sisa satu turnamen terakhir yakni Daegu Marathon yang akan berlangsung pada 7 April 2024 mendatang di Korea Selatan.

Baca Juga: Indonesia Berpeluang Kunci 2 Wildcard Akuatik ke Olimpiade

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya