Banyak Error, Ginting Tersingkir di Indonesia Masters 2024

Brian Yang tampil baik dan menyulitkan Ginting

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, tersingkir di babak semifinal Indonesia Masters 2024. Dia harus pulang lantaran kalah dari wakil Kanada, Brian Yang.

Mentas di hadapan pendukungnya di Istora Senayan Jakarta pada Sabtu (27/1/2024), Ginting akhirnya menyerah lewat rubber game dengan skor 21-12, 17-21, 21-19.

Brian Yang langsung memimpin di awal gim pertama. Jatuh-bangun mengejar bola lawab, Ginting tertinggal empat angka 5-9 usai jalani reli panjang.

Perlahan Ginting mulai menemukan ritme permainannya. Dia melepad shuttlecock dengan penempatan yang lebih cermat, hingga bangkit dan menyamakan kedudukan 10-10.

Ginting sempat tertinggal tipis 10-11 di interval gim pertama usai pukulannya tersangkut di net. 

Usai jeda, tak banyak yang berubah dengan pola permainan kedunya. Namun, Brian Yang terus melakukan kesalahan beruntun dan dimanfaatkan baik oleh Ginting sampai mengunci delapan angka tanpa balas 18-11.

Ginting mengembalikan service Brian Yang dengan pukulan lurus. Reflek Brian Yang kurang mulus, membuat shuttlecock hanya melambung tanpa menyebrangi net. Skor 21-13, Ginting mengunci kemenangan game pertama.

Pindah lapangan, Ginting mengunci empat angka pertama tanpa balas. Namun, setelahnya dia banyak melakukan kesalahan yang berbuah poin untuk lawan.

Sempat unggul 7-1, kesalahan Ginting membuat selisih angka menipis menjadi 10-9. Beruntung, pada menit ke-14 di gim kedua, Ginting mengunci interval dengan skor 11-9.

Tak seperti gim pertama, Brian Yang minim lakukan unforced error. Permainannya sukses membuat Ginting harus jatuh-bangun mengejar bola. Hal itu membuat Brian Yang sukses mengunci angka dengan skor 20-17.

Saat perebutan poin penentu, pukulan Ginting malah keluar dari lapangan. Skor 17-21, Ginting dipaksa main rubber.

Gim ketiga tidak mudah untuk Ginting. Tertinggal 5-9, Ginting kembali ke pola awal. Serangannya membawa Ginting mencuri enam angka tanpa balas dan mengamankan interval gim ketiga dengan skor 11-9.

Laga berlangsung panas. Ginting memimpin 19-15. Pada posisi ini, mimpi buruk menghampiri Ginting.

Acap melakukan unforced error, Ginting kemudian harus kehilangan poin hingga Brian Yang bisa membungkam Ginting dengan skor 21-19 di depan publik Istora.

Anthony Sinisuka Ginting kandas di semifinal Indonesia Masters 2024.

Baca Juga: Olimpiade Makin Dekat, Anthony Ginting Fokus Perbaiki Performa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya