Bersiap Olimpiade, Rahmat Erwin Tatap Kejuaraan Dunia

Incar tiket ke Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Lifter muda Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah tengah fokus untuk meraih tiket Olimpiade 2024 Paris. Salah satu langkah yang dipersiapkan adalah mengikuti Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024 mendatang.

Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) menargetkan bisa meloloskan lima lifter di ajang tersebut. Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024 rencananya akan berlangsung di Phuket, Thailand, pada 2-11 April 2024 mendatang.

1. PABSI targetkan lima lifter lolos kualifikasi Olimpiade

Bersiap Olimpiade, Rahmat Erwin Tatap Kejuaraan DuniaAtlet angkat besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah (dok.NOC Indonesia)

Sekjen Pengurus Besar PABSI, Djoko Pramono mengatakan belum bisa dipastikan siapa saja lifter yang bakal lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris mendatang. Namun, lima atlet angkat besi diharapkan bisa mewakili Indonesia di ajang akbar empat tahunan tersebut.

"Nanti, siapa-siapa saja yang dapat tiket ke Olimpiade Paris 2024 (ditentukan setelah Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Phuket, Thailand, April mendatang. Kami menargetkan lima lifter lolos," ujar Djolo Pramono mengutip ANTARA.

Baca Juga: Eks Pelatih Owi/Butet Bantu Dejan/Gloria Rebut Tiket Olimpiade 2024

2. Bersiap untuk Kejuaraan Dunia

Bersiap Olimpiade, Rahmat Erwin Tatap Kejuaraan DuniaLifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan clean and jerk pada final 73 kilogram Grup A Asian Games 2022 di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Selasa (3/10/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Rahmat Erwin mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2024. Tujuan utamanya adalah mengunci tiket kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Lifter asal Makassar tersebut mengaku tengah berfokus untuk latihan dan menjaga berat badannya.

"Persiapan saya tetap fokus latihan dan menjaga berat badan dan Insha Allah saya akan tampil sebaik mungkin di Thailand nanti," kata Rahmat Erwin.

Baca Juga: Rahmat Erwin Borong 3 Emas di Kejuaraan Angkat Besi Asia

3. Sabet tiga medali emas di Kejuaraan Asia 2024

Bersiap Olimpiade, Rahmat Erwin Tatap Kejuaraan DuniaRahmat Erwin Abdullah di nomor 73kg putra Asian Games 2022 Hangzhou (dok. NOC Indonesia/Naif Al'as)

Rahmat Erwin Abdullah baru saja menorehkan catatan manis pada awal Februari 2024 lalu. Erwin menyabet tiga medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Asia 2023.

Turun di kelas 73 kilogram dalam pertandingan yang berlangsung di Uzbekistan pada Selasa (6/2/2024) lalu, Rahmat Erwin meraih emas pada angkatan snatch dengan angkatan terbaik 159kg. Erwin pun meraih emas saat melakukan angkatan clean and jerk seberat 204kg.

Catatan ini membawa Erwin menorehkan rekor dunia dengan mempertajam rekor dunia yang sebelumnya ditorehkannya pada 202 kilogram.

Erwin membawa pulang tiga emas, tepatnya dari angkatan snatch, clean and jerk, dan angkatan total. Secara keseluruhan, Rahmat bisa mengangkat beban seberat 363 kilogram.

Baca Juga: Rahmat Erwin Raih Best Male Athlete dari Kejuaraan Angkat Besi Asia

Baca Juga: Mengejutkan, Lifter Rahmat Erwin akan Mundur sebagai Atlet Sulsel

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya