Bos Formula E Ungkap Alasan Jakarta Tak Gelar Balapan Malam

Balapan double header digelar di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo, mengungkapkan alasan tak menggelar balapan malam di Jakarta. Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat race night tak bisa diwujudkan kali ini.

sebagaimana diketahui, ajang Formula E kembali digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara dengan sistem dua seri beruntun (double header) pada pada 3-4 Juni 2023.

Kesuksesan besar gelaran Formula E edisi 2022 lalu di Jakarta, menjadi salah satu pertimbangan besar ajang serupa kembali dihelat tahun ini.

1. Formula E berfokus gelar double header

Bos Formula E Ungkap Alasan Jakarta Tak Gelar Balapan MalamKonferensi pers daring bersama Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Formula E Jakarta 2023 tidak akan digelar malam hari. Keputusan ini diambil menyusul bakal dilangsungkannya balapan double header alias dua seri beruntun di Jakarta.

"Alasannya untuk menunda adalah karena kami memutuskan untuk melakukan double header dulu dan mungkin musim selanjutnya kita akan mengadakan salah satu balapan atau mungkin hanya satu balapan pada malam hari," ujar Alberto dalam konferensi pers pada Kamis (25/5/2023).

Menurut Alberto, penting untuk selalu menyajikan format pertandingan yang berbeda setiap tahunnya.

Baca Juga: Ajang Formula E di Ancol Mendunia, Bakal Disiarkan 150 Negara 

2. Masalah zona waktu

Bos Formula E Ungkap Alasan Jakarta Tak Gelar Balapan MalamMeet and Greet Formula E Jakarta (dok. Organizing Committee Jakarta E-prix 2022)

Faktor lain yang menjadi pertimbangan besar balapan malam batal digelar oleh Formula E adalah karena adanya perbedaan zona waktu.

Alberto tak memungkiri, penting untuk memperhatikan jadwal penyiaran media agar balapan Formula E dapat dinikmati di seluruh dunia.

"Kalau melakukan balapan malam hari di Indonesia bisa berdampak besar di negara lain di dunia, karena mereka harus menonton balapan di zona waktu yang tidak biasa," ujar Alberto.

Edisi 2022 lalu, balapan Formula E juga dilakukan sore hari waktu Jakarta dan dinilai meraih sukses besar oleh pihak penyelenggara.

3. Tak tutup peluang untuk balapan malam musim depan

Bos Formula E Ungkap Alasan Jakarta Tak Gelar Balapan MalamSalah satu mobil balap yang akan mengaspal di Formula E (IDN Times/Aryodamar)

Alberto tak menutup kemungkinan balapan malam atau night race Formula E akan digelar musim depan di Jakarta. Hal ini disebut Alberto masih menjadi topik diskusi bersama penyelenggara.

"Saya gak bisa janji, tapi saya janji akan mengusahakannya dan semoga bisa terlaksana," ujar Alberto.

Seperti diketahui, akan ada 16 seri balapan yang akan digelar tahun ini. Gelaran di Jakarta ini merupakan seri ke-10 dan 11 dari balapan Formula E.

Baca Juga: Formula E Jakarta 2023 Gagal Gelar Balapan Malam Hari

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya