Comscore Tracker

BWF World Tour Finals Pindah ke Bangkok, Apa Sebabnya?

Berlangsung sepekan lebih awal dari agenda sebelumnya

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengambil langkah untuk memindahkan waktu dan lokasi pelaksanaan BWF World Tour Finals 2022 pada Desember mendatang. Bangkok, Thailand dipilih menjadi tuan rumah baru gelaran tersebut.

Seperti diketahui, gelaran tutup tahun BWF World Tour Finals 2022 semula diagendakan berlangsung di Guangzhou, China. Namun, BWF memutuskan untuk memindahkannya menyusul meningkatnya kasus COVID-19 di China.

1. Penyelenggaraan BWF World Tour Finals 2022 pindah tanggal dan hari

BWF World Tour Finals Pindah ke Bangkok, Apa Sebabnya?Anthony Sinisuka Ginting dan Kento Momota di podium BWF World Tour Finals 2019 (m.pbsi.id)

Melansir laman resmi BWF, gelaran akbar BWF World Tour Finals 2022 dipastikan tidak akan berlangsung di Guangzhou, China. BWF resmi memindahkan gelaran ini ke Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

Tak hanya lokasi, waktu penyelenggaraan pun ikut diubah. Mereka akan menggelar pertandingan lebih awal, yakni pada 7-11 Desember 2022 mendatang.

Jadwal BWF World Tour Finals 2022 maju satu pekan dari jadwal sebelumnya yang akan berlangsung pada 14-18 Desember 2022. 

Baca Juga: 5 Wakil Indonesia yang Sudah Lolos BWF World Tour Finals 2022

2. Alasan BWF ubah tanggal dan lokasi

BWF World Tour Finals Pindah ke Bangkok, Apa Sebabnya?Logo BWF (Website/bwfbadminton.com)

BWF tak mengelak, meningkatnya status pandemik COVID-19 di China jadi pertimbangan utama perubahan jadwal dan lokasi pertandingan BWF Wolrd Tour Finals 2022. Keputusan ini diambil sudah melalui kesepakatan dengan Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA).

"Penyelenggaraan dilakukan seminggu lebih cepat dari jadwal semula karena pertimbangan ketersediaan perubahan lokasi," tulis BWF dalam laman resminya.

3. Indonesia punya lima wakil

BWF World Tour Finals Pindah ke Bangkok, Apa Sebabnya?Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ke final Indonesia Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Daftar atlet yang lolos kualifikasi BWF World Tour Finals 2022 akan bisa dipastikan pada 22 November 2022. Tepatnya setelah gelaran BWF Super 300 Australia Open 2022 berakhir.

Namun demikian, Indonesia sudah memastikan lima wakilnya lolos kualifikasi. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Jonatan Christie (tunggal putra), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), Hendra Setiawan/Mohammad Ahdan (ganda putra), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

Baca Juga: Demi World Tour Finals, Lee Zii Jia Turun di Australia Open 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya