CEK FAKTA: Indonesia Sudah Punya Wakil Bulu Tangkis di Olimpiade

Secara matematis sudah amankan tiket ke Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Tim Indonesia hingga saat ini sudah memastikan mengirim sembilan atlet untuk berlaga di Olimpiade 2024, Paris. Seluruhnya berasal dari cabor panahan, panjat tebing, menembak, senam, selancar, dan akuatik.

Cabor bulu tangkis yang menorehkan tradisi emas untuk Indonesia belum mengumumkan secara resmi daftar atlet mereka yang lolos kualifikasi Olimpiade 2024. Wajar saja, masa kualifikasi bulu tangkis memang masih akan berlangsung hingga April 2024 mendatang. 

Kejuaraan Asia 2024 menjadi laga penutupnya. Pengumuman daftar atlet yang lolos kualifikasi Olimpiade diprediksi akan dirilis secara resmi setelah turnamen tersebut.

Namun, secara matematis, ada lima wakil Indonesia yang dipastikan akan lolos kualifikasi mewakili bulu tangkis ke panggung Olimpiade 2024 Paris. Benarkah?

1. Tunggal putra punya dua wakil

CEK FAKTA: Indonesia Sudah Punya Wakil Bulu Tangkis di OlimpiadeAnthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di final All England 2024 (dok. PP PBSI)

Dari perhitungan, lima wakil Indonesia tersebut dipastikan tidak akan tergeser dari daftar lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Jonatan Christie berada di peringkat keempat klasemen race to Olympic dengan 81.531 poin. Anthony Ginting menyusul dengan berada di ranking keenam dengan 79.151 poin.

Posisi keduanya secara matematis tidak akan keluar dari daftar 16 besar race to Olympic hingga masa kualifikasi berakhir.

Baca Juga: Prancis Minta Bantuan 46 Negara untuk Ikut Amankan Olimpiade

2. Tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran satu wakil

CEK FAKTA: Indonesia Sudah Punya Wakil Bulu Tangkis di OlimpiadeGregoria Mariska Tunjung kandas di 16 besar India Open 2024 (dok. PP PBSI)

Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung nyaman berada di urutan tujuh race to Olympic dengan capaian 72.091 poin. Berdasarkan aturan yang berlaku, tiap negara diizinkan mengirim maksimal dua wakil jika keduanya berada di peringkat 16 besar.

Namun, tak ada wakil Indonesia lainnya yang berada dalam peringkat tersebut selain Gregoria. Alhasil, Gregoria bisa dipastikan jadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di Olimpiade 2024.

Sementara itu, sektor ganda diizinkan mengirimkan maksimal dua wakil jika berada dalam delapan besar race to Olympic.

Berdasarkan aturan tersebut, Indonesia baru memiliki satu wakil ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ranking tujuh, 80.149 poin) dan satu wakil ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ranking tujuh, 73.293 poin).

Posisi keduanya secara matematis tak akan tergeser dari daftar 13 besar dunia.

3. Masih kejar dua tiket Olimpiade

CEK FAKTA: Indonesia Sudah Punya Wakil Bulu Tangkis di OlimpiadeBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berlaga di All England 2024 (dok. PP PBSI)

Tim bulu tangkis Indonesia masih mengejar dua tiket lainnya untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, masih akan terus mengejar angka kualfikasi. Sementara, ganda campuran terdekat diperebutkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Di atas kertas, peluang Rinov/Pitha terbilang lebih besar. Rinov/Pitha berada di ranking 16 dengan capaian 52.814 poin.

Sementara, Dejan/Gloria berada di ranking 19 dengan 51.266 poin dan pasangan Rehan/Lisa di ranking 21 dengan capaian 49.560 poin.

Baca Juga: Bukan Stadion Khusus, Ini Prioritas Kemenpora untuk PBSI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya