Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Sudirman 2023

Indonesia lolos lewat jalur ranking negara

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 16 negara dipastikan lolos kualifikasi ke ajang Piala Sudirman 2023 yang akan berlangsung di Suzhou, China pada 14-21 Mei 2023. Indonesia termasuk salah satunya.

Ya, meskipun gagal melaju ke semifinal Kejuaraan Beregu Campuran Asia (BAMTC) 2023 pekan lalu, skuad Indonesia tetap lolos ke ajang Piala Sudirman 2023 dari jalur ranking negara.

Sementara itu, China yang menjadi juara bertahan sekaligus tuan rumah membuka satu peluang tambahan bagi jalur ranking negara untuk lolos ke ajang Piala Sudirman 2023.

1. Indonesia lolos dari jalur ranking

Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Sudirman 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi juara di Malaysia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Meski kalah pada babak perempat final di ajang Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023 pekan lalu, tim merah putih dipastikan tetap tampil di ajang Piala Sudirman 2023 mendatang.

Skuad Indonesia lolos ke Piala Sudirman 2023 karena menduduki ranking tiga dunia. Mereka ada di bawah China dan Jepang yang secara peringkat ada di atasnya.

Baca Juga: 6 Fakta Sejarah Piala Sudirman, Dedikasi untuk Tokoh Indonesia

2. Jatah tiap benua untuk Piala Sudirman 2023

Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Sudirman 2023Zheng Siwei/Huang Yaqiong ikut bertanding di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Setiap benua memiliki jatahnya masing-masing untuk ajang Piala Sudirman 2023, yakni empat wakil dari Benua Eropa, tiga dari Asia, dan masing-masing satu wakil dari Afrika, Amerika, Ocenia, serta Afrika.

Wakil-wakil Eropa dan Asia diambil dari negara yang lolos ke semifinal Kejuaraan Beregu Campuran wilayahnya. Sementara, empat benua lagi berhak mengirimkan wakilnya dari tim yang jadi kampiun dalam Kejuaraan Beregu Campuran di masing-masing wilayah.

Sementara, tuan rumah dan juara bertahan otomatis mengisi satu slot tempat dalam kejuaraan bergengsi ini.

Semula, jalur ranking hanya memiliki jatah empat tim saja, tapi jumlahnya kini bertambah jadi lima. Hal itu terjadi lantaran China statusnya merupakan tuan rumah sekaligus juara bertahan dalam ajang Piala Sudirman 2023. Otomatis ada satu tempat tambahan diberikan lewat jalur tersebut.

3. Daftar 16 negara yang lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023

Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Sudirman 2023Skuad Denmark di ajang Kejuaraan Beregu Campuran Eropa 2023 (instagram.com/badmintondenmark)

Berikut adalah daftar 16 negara yang sudah dipastikan lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023:

Tuan rumah: China (dan juara berahan)

Asia: Korea Selatan, Thailand, India, Jepang (2)

Eropa: Denmark, Prancis, Inggris, Jerman

Afrika: Mesir

Amerika: Kanada

Ocenia: Australia

Berdasarkan ranking: Indonesia (3), Malaysia (4), Taiwan (8), dan Singapura(10)

Baca Juga: Denmark Juara Beregu Campuran Eropa 5 Kali Beruntun, Tak Terbendung

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya