Daftar Mantan Atlet yang Nyaleg di Pemilu 2024

Ada setidaknya 20 mantan atlet yang nyaleg

Jakarta, IDN Times - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 jadi kontestasi politik yang cukup diminat mantan atlet Indonesia. Terbukti dengan maraknya mantan pahlawan olahraga tanah air yang ikut menjadi calon anggota legislatif (caleg), baik di tingkat DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, hingga DPR RI. 

Eks pesepak bola tercatat jadi yang terbanyak dari daftar atlet yang ikut nyaleg kali ini. Sementara itu, di cabang olahraga bulu tangkis juga ada legenda Indonesia yang ikut kontestasi politik ini juga.

Untuk tahu selengkapnya, berikut daftar eks atlet olahraga yang memutuskan jadi caleg di Pemilu 2024.

1. Sepak bola paling banyak

Daftar Mantan Atlet yang Nyaleg di Pemilu 2024Mantan pemain timnas Indonesia, Bio Paulin Pierre (https://infopemilu.kpu.go.id/)

Sempat berjaya di lapangan hijau, sederet nama eks pesepak bola Indonesia terdaftar sebagai caleg pada Pemilu 2024. Mereka siap bertarung dalam pemilihan yang berlangsung pada 14 Februari 2024.

Selain eks pesepak bola, ada juga nama-nama pelatih yang iktu bertarung. Menariknya, dari semua yang mendaftar, beberapa di antaranya adalah nama lama yang kembali mencoba peruntungan.

Berikut nama mantan pesepak bola Indonesia yang menjadi caleg pada pemilu 2024:
1. Seto Nurdintoro (DIY Yogyakarta - DPR RI)
2. Atep Rizal (Jawa Barat IV - DPRD Provinsi)
3. Bio Paulin Pierre (Kota Jayapura IV - DPRD Kabupaten/Kota)
4. Ardan Aras (Polewali Mandar I - DPRD Kabupaten/Kota)
5. Oktovianus Maniani (Papua VI - DPRD Provinsi)
6. Markus Horizon (Kota Bandung VI - DPRD Kabupaten/Kota)
7. Aris Budi Prasetyo (Kota Pasuruan III - DPRD Kabupaten Kota)
8. Kurnia Sandy (Sidoarjo I - DPRD Kabupaten/Kota)
9. Kamasan Yakob S.S. Komboy alias Jack Komboy (Papua I - DPRD Provinsi)
10. Rahmad Darmawan (Lampung II - DPR RI)
11. Marwal Iskandar (Sulawesi Selatan XI - DPRD Provinsi)
12. Nilmaizar (Sumatera Barat I - DPR RI)

Baca Juga: Profil Andi Jerni, Atlet Karate Berprestasi yang Jadi Caleg

2. Legenda bulu tangkis turun ke politik

Daftar Mantan Atlet yang Nyaleg di Pemilu 2024Hariyanto Arbi di GOR Djarum Jati, Kudus (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dari cabang olahraga bulu tangkis, tiga legenda tepok bulu Indonesia memutuskan coba peruntung menjadi caleg di Pemilu 2024. Menariknya, semuanya merupakan legenda tunggal putra Indonesia.

Hariyanto Arbi mendaftar sebagai caleg DPR RI dari dapil DKI Jakarta III. Sementara peraih emas Olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat juga memperebutkan kursi DPR RI dari dapil Jawa Barat II.

Satu lagi legenda tunggal putra yang ikut nyaleg adalah Icuk Sugiarto. Juara Dunia 1983 ini mengincar kursi di DPR RI dari dapil DKI Jakarta II.

Selain itu, ada pula mantan tunggal putri Indonesia, Bellaetrix Manuputty juga terjun menjadi caleg. Bellaetrix mengincar kursi DPRD Provinsi DKI Jakarta dari dapil DKI Jakarta III.

3. Ada mantan atlet catur, tenis, balap, hingga MMA

Daftar Mantan Atlet yang Nyaleg di Pemilu 2024Petenis legendaris Indonesia, Yayuk Basuki. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Selain itu, sederet nama mantan atlet dari cabang olahraga lain pun ikut masuk dalam daftar caleg Pemilu 2024. Salah satu mantan pecatur terbaik Indonesia, Utut Adianto kembali mencalonkan diri sebagai caleg DPR R di dapil Jawa Tengah VII.

Sementara dari cabor tenis, dua mantan petenis Indonesia juga terjun ke dunia politik. Yayuk Basuki nyaleg untuk posisi DPR RI dari dapil Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada pula Gessa Arraniry yang nyaleg untuk posisi DPRD Kabupaten/Kota dari dapil Bangka I.

Selain itu, ada pula Moreno Soeprapto. Mantan pembalap Indonesia ini akan nyaleg untuk kursi DPR RI dari dapil Jawa Timur V.  Satu lagi mantan atlet Indonesia yang terjun nyaleg di pemilu kali ini adalah Rudy Agustian. Mantan atlet MMA Indonesia ini nyaleg untuk kursi DPR RI dari dapil Banten III.

Baca Juga: Eks Atlet MMA Rudy 'The Golden Boy' Jadi Caleg dari PSI

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya