F1 PowerBoat 2024 Danau Toba Segera Digelar, Tiket Dijual Besok!

Berharap bisa berdampak untuk masyarakat lokal

Jakarta, IDN Times - Kejuaraan Internasional Balap Perahu Motor, F1 Powerboat bakal bergulir di Danau Toba, Sumatera Utara pada 2-3 Maret 2024 mendatang. Ajang bergengsi ini akan diikuti 18 pembalap dari seluruh dunia.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan, penyelenggaraan F1 Powerboat merupakan bentuk usaha pemerintah guna membangun Danau Toba yang masuk menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Ajang F1 Powerboat akan diikuti 18 pembalap. Ajang ini ditargetkan bisa menggenjot perekonomian daerah.

1. Tiket dijual mulai besok

F1 PowerBoat 2024 Danau Toba Segera Digelar, Tiket Dijual Besok!Konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tiket untuk menonton F1 Powerboat mulai dijual pada Selasa (20/2/2024). Maya Watono mengatakan ada total tujuh ribu tiket yang dijual dengan rentang harga Rp200 ribu hingga Rp500 ribu untuk kategori grandstand dan festival.

"Kita menyediakan di tribun itu ada dua ribu, lalu juga untuk festival kita siapkan lima ribu (tiket)," kata Maya dikawasan Sarinah dalam konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba pada Senin (19/2/2024).

Tiket F1 Powerboat bisa di dapatkan di Tiket.com.

Baca Juga: F1 PowerBoat Ditargetkan Dongkrak Wisatawan hingga 25 Persen

2. Dapat ekspektasi tinggi dari dunia

F1 PowerBoat 2024 Danau Toba Segera Digelar, Tiket Dijual Besok!Konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Indonesia dinyatakan sebagai penyelenggara terbaik gelaran F1 Powerboat pada 2023 lalu. Padahal, kala itu Indonesia debut sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut. Hal ini lantas membuat dunia internasional memasang ekspektasi tinggi untuk Indonesia tahun ini.

"Ajang F1 Powerboat 2023 Danau Toba akan menjadi pembuka musim dan menjadi balapan yang menarik untuk dilihat. Indonesia menjadi penyelenggara terbaik tahun lalu, ini membuat negara-negara lain dan media luar jadi punya ekspektasi tinggi untuk penyelenggaraan tahun ini di Indonesia,", ujar perwakilan H2O, Raimondo di San Germano saat hadir dalam konferensi pers via Zoom.

Indonesia juga akan menggelar side event, mulai dari kompetisi Solu Bolon antar-kabupaten di Sumatera Utara dan kejuaraan Aquabike Indonesia Championship yang akan diikuti pembalap nasional. Musisi dan komika tanah air pun dipastikan akan meramaikan gelaran ini.

3. Ditargetkan menggenjot ekonomi daerah

F1 PowerBoat 2024 Danau Toba Segera Digelar, Tiket Dijual Besok!Konferensi pers F1 Powerboat Danau Toba (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Gelaran F1 Powerbout 2023 lalu berhasil menggenjot perekonomian daerah hingga memberi dampak sebesar Rp1,68 triliun dengan mendatangkan 100 ribu wisatawan. Tahun ini, F1 Powerboat diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih besar.

"PR-nya tentu saja dalam melakukan segala sesuatu selali kita ingin melakukan perbaikan-perbaikan. Kita punya prinsip, tiap tahun harus melakukan perbaikan," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Odo Manuhutu dalam kesempatan yang sama.

InJourney bahkan berani pasang target tinggi untuk F1 Powerboat tahun ini.

"Kita pastinya ingin lebih dari tahun lalu, kita ingin lebih dari Rp1,68 triliun. Kami juga fokus mengembangkna ekonomi daerah, UMKM. Target kami di Rp2 Triliun," ujar Maya.

Baca Juga: F1 Powerboat, dari Wali hingga Radja Dihadirkan untuk Genjot Kunjungan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya