Fajar/Rian Akui Kondisi Menurun di Japan Open 2023

Fajar/Rian kunci kemenangan perdana di Japan Open 2023

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tak menampik kondisi fisik keduanya menurun saat menjalani Japan Open 2023 pekan ini.

Kondisi Fajar/Rian menurun lantaran pekan sebelumnya sudah menjalani turnamen panas di Korea Open 2023 hingga menembus final.

Namun, hal ini tak menghentikan langkah mereka. Fajar/Rian sukses mengunci kemenangan pertama melawan pasangan China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, dengan skor 20-22, 21-17, 21-10 dalam babak 32 besar Japan Open 2023 di Yoyogi Gymnasium, Tokyo, Rabu (26/7/2023).

1. Akui kondisi menurun

Fajar/Rian Akui Kondisi Menurun di Japan Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di perempat final Korea Open 2023 (dok. PP PBSI)

Usai pertandingan, Rian Ardianto mengaku kondisi dia dan rekannya mengalami penurunan.

"Kondisi kami pasti sedikit mengalami penurunan, tapi kami kami coba mengatur, pintar-pintar jaga kondisi," ujar Rian.

Masih akan mengikuti Australian open 2023 pekan depan, Rian berharap dia dan Fajar tetap fit untuk dapat terus bertanding.

Baca Juga: Japan Open 2023: Dua Wakil Ganda Campuran Langsung Tumbang 

2. Game kedua jadi titik balik

Fajar/Rian Akui Kondisi Menurun di Japan Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Korea Open 2023 (dok. PP PBSI)

Bagi Fajar/Rian, pasangan He/Zhou merupakan lawan yang tak mudah untuk dimatikan. Banyaknya unforced error yang dilakukan Fajar/Rian membuat keduanya tertinggal 20-22 di game pertama.

Namun, game kedua menjadi titik balik untuk keduanya. Membalikkan keadaan saat posisi sudah tertinggal, Fajar/Rian memberi tekanan berat bagi pasangan He/Zhou.

"Saat tertinggal di gim kedua itu, kami mencoba mengubah dari strategi servisnya dan lumayan berhasil mendapat banyak poin. Dari sana titik balik pertandingan hari ini buat kami," ujar Rian.

3. Sudah duga bakal sengit

Fajar/Rian Akui Kondisi Menurun di Japan Open 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Korea Open 2023 (dok. PP PBSI)

Fajar/Rian sudah memprediksi sejak awal bahwa laga akan berlangsung sengit. Pasangan He/Zhou bukan lawan yang sepele untuk pasangan ranking satu dunia tersebut.

"Kami sudah berekspektasi memang akan mendapat perlawanan ketat dari mereka. Di sini saya melihat, lawan cocok dengan kondisi shuttlecock yang berat. Tidak mudah tapi alhamdulillah kami bisa menang," kata Fajar.

Kemenangan ini sekaligus mengukuhkan dominasi Fajar/Rian melawan He/Zhou. Ini jadi kemenangan kelima Fajar/Rian dari enam pertemuannya melawan He/Zhou.

Baca Juga: Jadwal 9 Wakil Indonesia di Japan Open 2023 Hari Ini

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya