Fakta Giovanna Milana, Pemain Baru Jakarta Pertamina Enduro

Gia merupakan sahabat Megawati di Red Sparks

Jakarta, IDN Times - Giovanna Milana belakangan menjadi pusat perhatian pecinta voli nasional. Maklum saja, karena mantan rekan setim Megawati Hangestri Pertiwi di Red Sparks ini baru saja memastikan diri bermain pada Proliga musim 2024 dengan gabung ke Jakarta Pertamina Enduro.

Popularitas Gia di Indonesia tak terlepas dari persahabatannya dengan Megawati. Kolaborasi keduanya di dalam dan luar lapangan selalu menarik pusat perhatian. 

IDN Times mengulas berbagai hal menarik tentang pevoli Amerika Serikat yang akrab dengan nomor punggung 77 tersebut. Berikut kami sajikan seperti dilansir berbagai sumber.

1. Darah voli mengalir dalam dirinya

Fakta Giovanna Milana, Pemain Baru Jakarta Pertamina EnduroGiovanna Milana. (instagram.com/gia__day)

Gia sudah bertalenta sejak masih belia. Gia memulai kariernya sebagai pevoli saat direkrut dan berkuliah di Universitas Maryland, Amerika Serikat pada 2016 hingga 2018 lalu ketika berusia 18 tahun. Tak heran, karena Gia merupakan anak dari mantan pevoli, Gina Milana.

Pada 2018, Gia pindah ke Universitas Baylor dan bertahan di sana hingga 2020. Pada musim 2020/21, Gia mencoba peruntungan di Eropa dengan bergabung dengan klub Prancis, Pays d'Aix Venelles, sebelum hengkang ke klub Puerto Rico, Sanjuaneras de la Capital.

Pada musim 2021/22, Gia mencoba peruntungan di Italia. Gia sempat bergabung dengan Itas Ceccarelli Martignaco selama semusim sebelum pindah ke CDA Talmassons.

Bergeser ke musim 2023/24, Gia membuka lembaran baru dengan main di Asia bersama Daejeon CheongKwanJang Red Sparks. Hingga akhirnya, dia merapat ke Jakarta Pertamina Enduro untuk Proliga musim 2024.

Baca Juga: Misi Jakarta Pertamina Enduro Usai Giovanna Milana Merapat

2. Akrab dengan 77

Fakta Giovanna Milana, Pemain Baru Jakarta Pertamina EnduroPemain baru Jakarta Pertamina Enduro, Giovanna Milana, saat mendarat di Indonesia (dok. Pertamina Lubricants)

Gia kembali mengenakan nomor punggung 77 di jerseynya untuk membela Jakarta Pertamina Enduro. Nomor yang sama dipakai Gia saat membela Red Sparks. Bagi Gia, 77 lebih dari sekadar angka keberuntungan.

"Dalam Alkitab (angka 77) adalah gambaran keutuhan dan kesempurnaan. Jadi, saya mau menggunakan 77 untuk mengingatkan diri sendiri. Apapun yang terjadi dengan tubuh atau pikiran-mental, saya tetap utuh di dalam Tuhan," ujar Gia.

Baca Juga: Gia Tiba di Indonesia, Sah Jadi Rival Megawati di Proliga

3. Menikah di usia 23 tahun

Fakta Giovanna Milana, Pemain Baru Jakarta Pertamina EnduroAtlet voli putri Amerika Serikat, Giovanna (Milana) Day (Instagram.com/gia__day/)

Gia tak lagi lajang, tapi sudah menikah. Di usianya yang ke-21, Gia resmi menjadi istri dari Daniel Day pada 10 Juli 2021 lalu.

Dalam foto-foto yang diunggahnya, Gia dan Daniel melangsungkan pernikahan di The Barns at Maple Valley Farm LLC, West Virginia, Amerika Serikiat. Sama seperti Gia, Daniel juga merupakan olahragawan.

4. Tampil produktif bersama Red Sparks

Fakta Giovanna Milana, Pemain Baru Jakarta Pertamina EnduroDuet atlet voli Indonesia, Megawati Hangestri Pertiwi bersama atlet Amerika Serikat, Giovanna Milana di Red Sparks (instagram.com/gia__day)

Duet Gia dan Megawati jadi sorotan di liga voli Korea Selatan. Keduanya sempat meraih gelar pemain terbaik atau MVP (Most Valuable Player).

Sama seperti Mega, Gia juga masuk dalam jajaran 10 besar pemain produktif di kompetisi Korea Selatan. Gia berhasil mengumpulkan 101 poin dan menduduki posisi sembilan. Sementara, Megawati duduk di peringkat ketiga dan telah menyumbang 138 poin dalam enam laga. 

5. Perkuat Jakarta Pertamina Enduro

Fakta Giovanna Milana, Pemain Baru Jakarta Pertamina EnduroPemain anyar Jakarta Pertamina Enduro, Giovanna Milana, saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Minggu (14/4/2024) (Dokumentasi Pertamina Lubricants)

Gia sudah tiba di Indonesia sejak Minggu (14/4/2024). Kehadiran Gia disambut langsung oleh Chief de Mission Jakarta Pertamina Enduro dan Pertamax, Werry Prayogi.

Hingga saat ini, Gia belum diperkenalkan secara resmi oleh manajemen. Gia baru akan diperkenalkan ke publik pada Rabu (17/4/2024). Tapi, Gia kemungkinan besar akan main terlebih dulu bersama Red Sparks ketika menghadapi Timnas voli putri Indonesia pada 20 April 2024.

"Kami yakin dengan semangat, dedikasi, serta prestasi yang telah ditorehnya di klub voli Korea Selatan, Gia akan memberikan kontribusi yang besar dan membawa tim mencapai prestasi yang lebih baik di musim ini. Selamat datang di Indonesia, Gia, dan selamat bergabung dengan keluarga besar Jakarta Pertamina Enduro!" ujar Werry dalam pernyataannya, Senin (15/4/2024).

Baca Juga: Giovanna Milana Kasih Kode Jadi Rival Megawati di Proliga

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya