FPTI Harap Katibin Segera Prima Demi Tiket Olimpiade Paris 2024

Penampilan Katibin di China dinlai cukup konstan

Jakarta, IDN Times - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) bicara soal capaian pemanjat speed putra, Kiromal Katibin usai berlaga di IFSC Climbing World Cup Wujiang 2024 pekan lalu.

Meski tak mencapai podium tertinggi, menurut FPTI penampilan Katibin terbilang apik hingga pulang dengan medali perunggu.

“Prestasi Katibin cukup konstan sebagai salah satu atlet andalan kita," ujar Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid saat dihubungi IDN Times pada Senin (15/4/2024) malam.

1. Belum lama pulih dari cedera

FPTI Harap Katibin Segera Prima Demi Tiket Olimpiade Paris 2024Kiromal Katibin saat tampil di nomor speed relay putra Asian Games 2022 Hangzhou (dok.dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Penampilan Katibin belum seprima semula. Sebab, Katibin belum lama sembuh dari cedera yang dialaminya. Yenny berharap, Katibin bisa kembali ke performa terbaiknya untuk menyumbang prestasi tertinggi bagi Indonesia.

"Apalagi dia (Katibin) belum lama sembuh dari cedera yang menimpanya. Kita berharap kondisinya bisa segera prima kembali agar dia bisa berlaga secara lebih maksimal di kejuaraan-kejuaraan selanjutnya," ujar Yenny.

Katibin menjadi salah satu andalan tim Indonesia untuk berebut tiket kualifikasi Olimpiade 2024 Paris mendatang. Selain Katibin, yang juga jadi andalan FPTI untuk menembus panggung Olimpiade adalah Veddriq Leonardo.

Baca Juga: Skuad Panjat Tebing Indonesia Bawa 1 Medali dari China

2. Katibin jadi terbaik ketiga di China

FPTI Harap Katibin Segera Prima Demi Tiket Olimpiade Paris 2024Kiromal Katibin di podium speed putra IFSC World Cup Wujiang 2024, China (Instagram.com/fpti_official)

Kiromal Katibin harus berpuas diri finish jadi terbaik ketiga di IFSC World Cup Wujiang 2024. Katibin membukukan catatan waktu 5,07 detik atau lebih cepat dibanding kompetitornya asal Italia, Ludocivo Fossali dengan 5,16 detik.

Katibin gagal melaju ke perebutan juara dan runner-up usai terpeleset di laga semifinal saat melawan wakil Amerika Serikat, Samuel Watson.

Sejatinya, ada tiga wakil Indonesia yang melaju ke putaran akhir nomor speed turnamen ini. Namun, Veddriq Leonardo (speed putra) dan Rajiah Sallsabillah (speed putri) tak berhasil melaju ke semifinal. Sementara di nomor lead, Musauwir (lead putra) dan Sukma Lintang (lead putri) terhenti di semifinal.

Baca Juga: Desak Made dan Mimpinya Raih Emas Panjat Tebing di Olimpiade 2024

3. Masih ada Olympic Qualifier

FPTI Harap Katibin Segera Prima Demi Tiket Olimpiade Paris 2024Runner-up Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Kiromal Katibin (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Perjalanan skuad panjat tebing Indonesia belum berakhir. Mereka masih akan berebut tiket kualifikasi Olimpiade di Olympic Qualifier Series 2024.

Ajang IFSC World Cup 2024 ini merupakan seri piala dunia panjat tebing. Turnamen ini tidak masuk dalam daftar laga untuk kualifkasi Olimpiade.

Skuad Merah Putih masih mengincar tiket Olimpiade untuk cabor panjat tebing di dua seri Olympic Qualifier 2024. Seri pertama akan berlangsung di Shanghai, China pada 16-19 Mei 2024 mendatang. Sementara seri kedua akan dilanjutkan di Budapest, Hungaria pada 20-23 Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: Veddriq dan Katibin Saling Bunuh Demi Tembus Olimpiade 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya