Gagal Melaju ke Perempat Final, Owi/Butet Akui Performa Menurun

Dibuat kewalahan sama pemain muda

Jakarta, IDN Times - Nama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir atau yang lebih akrab disapa Owi/Butet tak asing lagi bagi pecinta dan pegiat bulu tangkis khususnya di Indonesia. Keduanya merupakan pasangan ganda campuran kebanggaan Indonesia. Namun, pada 2018 ini performa keduanya diketahui menurun.

Delapan tahun perpasangan, keduanya sudah menyumbangkan medali emas dari berbagai turnamen untuk Indonesia. Lagu Indonesia Raya kerap dikumandangkan karena keduanya berhasil kibarkan merah putih di tiang tertinggi.

Turut berlaga dalam China Open 2018, langkah Owi/Butet terhenti di babak kedua. Dikalahkan oleh wakil dari Jepang, pasangan ini gagal melaju ke babak perempat final.

1. Akui performa menurun

Gagal Melaju ke Perempat Final, Owi/Butet Akui Performa Menuruntwitter.com/inabadminton

Pasangan Owi/Butet mengakui performanya semakin menurun. Liliyana juga mengaku kewalahan untuk menembus babak 8 besar.

"Memang sudah harus kami hadapi, kami terima, untuk menembus ke delapan besar saja memang untuk sekarang ini harus kerja keras. Kami tetap nggak mau menyerah kalau lagi tanding, kami sudah usaha rubber game," tutur Liliyana dikutip dari badmintonindonesia.org, Jumat (21/9).

Selain itu, Liliyana juga akui harus menerima bahwa grafik prestasi dan performa yang terus menurun. "Kami harus terima kenyataan, mungkin dulu grafik penampilan kami meningkat, sekarang sudah ada di fase menurun,” katanya.

2. Pasangan muda sempat buat kerepotan

Gagal Melaju ke Perempat Final, Owi/Butet Akui Performa Menurunbadmintonindonesia.org

Melawan ganda campuran asal Jepang ternyata tidak mudah bagi pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini. Terlebih karena pasangan asal Jepang yang dilawan merupakan pasangan muda.

"Kami harus akui, mereka pasangan muda, mereka lebih cepat. Di game kedua kami menerapkan pola yang benar, mainnya harus diakalin, tidak bisa ikut cepat karena kami akan kalah,” kata Liliyana. 

“Seharusnya kami lebih tenang dan meredam, tapi malah ikut ingin main kencang, yang terjadi ya Owi pontang-panting," tambahnya seperti dikutip dari wawancara bersama Badmintonindonesia.org.

Baca Juga: Ini Fakta Tentang Pasangan Baru Tontowi Ahmad

3. Owi akan punya pasangan baru

Gagal Melaju ke Perempat Final, Owi/Butet Akui Performa Menuruntwitter.com/INABadminton

Liliyana atau yang akrab disapa Butet dipastikan akan gantung raket alias pensiun pada awal 2019 mendatang. Owi sebagai pasangannya selama sewindu lebih ini akan dicarikan pasangan baru untuk terus bertanding.

Nama Winni Oktavina Kandouw, pemain muda pelatnas PBSI dikabarkan akan menjadi orang pertama yang akan dicoba dipasangkan dengan Owi. Akan berpasangan dengan pemain muda, Butet titipkan pesan untuk Owi.

“Pesan saya kepada Owi, dia kan akan dipartnerkan dengan pemain muda, jadi dia harus siapkan stamina lebih, apalagi sekarang sudah tidak muda lagi, sedangkan lawan masih banyak yang lebih muda dan punya kekuatan dan kecepatan," kata Liliyana. 

Liliyana mengaku akan terus menikmati sisa pertandingan yang dimilikinya bersama Owi. “Kami akan mencoba menikmati pertandingan di sisa 2-3 turnamen kami bersama,” ucapnya.

Semangat terus Butet dan Owi!

Baca Juga: Butet Gagal Persembahkan Medali Emas Sebelum Gantung Raket

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya