Comscore Tracker

Gagal Sumbang Poin untuk Indonesia, Ini Kata Jojo dan Gregoria

Jojo dan Gregoria kehilangan poin di laga tunggal

Jakarta, IDN Times - Indonesia melenggang ke babak semifinal Piala Sudirman 2019 usai mengalahkan Taiwan dengan skor akhir 3-2 pada Jumat (24/5). Meski memenangkan pertandingan, dua wakil Indonesia yang berasal dari sektor tunggal batal menyumbang poin.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, gagal mengatasi wakil Taiwan dalam pertandingan babak perempat final yang diadakan di Guangxi Sport Center Gymnasium, Nannibg, China.

1. Jojo akui bermain di bawah tekanan

Gagal Sumbang Poin untuk Indonesia, Ini Kata Jojo dan GregoriaIDN Times/PBSI

Jojo, begitu Jonatan Christie akrab disapa, harus mengakui keunggulam tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen. Jojo takluk dengan skor akhir 11-21, 13-21.

Menjalani pertandingan, Jojo mengaku bermain di bawah tekanan. "Pertama-tama saya mohon maaf pada tim, saya belum bisa menyumbang poin," kata Jojo usai pertandingan kepada badmintonindonesia.org.

"Jujur, saya bermain di bawah tekanan, saya tidak bisa keluar dari tekanan. Lawan bermain menekan terus, dia tidak memberi ruang buat saya untuk fight back. Di game kedua awal dia beberapa kali 'hilang', tapi dia langsung balik lagi seperti game pertama, menekan dan bikin saya lari-lari," tambah dia.

Di atas kertas, Jojo memiliki catatan head to head jauh melampaui Chou Tien Chen. Jojo unggul 5-0 sebelum pertandingan babak perempat final Piala Sudirman 2019 berlangsung.

Namun Jojo mengaku tak mau berpatokan terhadap catatan tersebut. "Saya gak mikir head to head, siapa yang siap yang akan menang," kata Jojo.

Baca Juga: Hadapi Taiwan, Ini Line Up Indonesia di Piala Sudirman 2019

2. Gregoria lawan peringkat satu dunia

Gagal Sumbang Poin untuk Indonesia, Ini Kata Jojo dan GregoriaIDN Times/PBSI

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung berhadapan dengan tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying. Gregoria mengaku tidak puas atas permainannya dan takluk dengan skor 16-21, 14-21.

"Saya kurang puas sama pertandingan tadi, sama penampilan saya. Saya bisa dibilang stabil di poin-poin awal saja, sampai poin 11, saya bisa mengikuti pola main dia dan curi kesempatan untuk mematikan lawan. Tapi di poin 11 ke atas, kecepatan saya berkurang, seperti gak bisa fokus terus-terusan, dua-tiga poin terus hilang," kata Gregoria yang saat pertandingan dapat bermain mengimbangi Tai Tzu Ying.

Tai Tzu Ying merupakan pemain peringkat satu dunia di sektor tunggal putri. Hal ini nyatanya malah membuat Gregoria termotivasi saat bertanding.

"Melawan pemain nomor satu dunia, justru dari saya jadi motivasi, saya masih jauh di bawah dia. Tadi, sih, saya mikirnya mau ambil satu game dari dia. Dia punya pukulan atas yang halus, Tzu Ying juga punya variasi pukulan depan," kata Gregoria.

3. Nomor ganda amankan posisi Indonesia menuju semifinal

Gagal Sumbang Poin untuk Indonesia, Ini Kata Jojo dan GregoriaIDN Times/PBSI

Indonesia melangkah ke babak semifinal Piala Sudirman. Kemenangan Indonesia berasal dari 3 poin yang disumbangkan oleh wakil-wakil Indonesia di nomor ganda.

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon beri poin pertama dan pembuka usai kalahkan wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan skor 21-17, 21-17.

Sempat tertinggal 1-2 usai kekalahan nomor tunggal, ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu samakan kedudukan menjadi Indonesia 2 - 2 Taiwan usai taklukan Pai Yu Po/Wu Ti Jung dengan skor 21-13, 21-7.

Pada partai penentu, pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kalahkan wakil Taiwan, Wang Chi-Lin/Hsieh Pei Shan dengan skor 21-17, 21-15 dan bawa Indonesia ke semifinal.

Baca Juga: Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Sudirman 2019

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You