Ganda Campuran Targetkan Semifinal di Kejuaraan Dunia 2023

Beban tinggi untuk Rinov/Pitha dan Rehan/Lisa

Jakarta, IDN Times - Pelatih ganda campuran PBSI, Amon Sunaryo, pasang target tinggi untuk anak asuhnya yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia 2023 mendatang. Semifinal jadi target yang dibebankan pada skuad ganda campuran.

PBSI meloloskan dua pasangan untuk berlaga di Kejuaraan Dunia 2023. Mereka adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Selain itu, ganda campuran Indonesia juga diwakili oleh satu pasangan binaan PB Djarum, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

1. Pasang target tinggi

Ganda Campuran Targetkan Semifinal di Kejuaraan Dunia 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati gugur di 32 besar Japan Open 2023 (dok. PP PBSI)

Dua anak didik Amon Sunaryo akan turun berlaga di Kejuaraan Dunia 2023 yang akan berlangsung di Copenhagen, Denmark pada 21-27 Agustus 2023.

Tak hanya sekadar bermain mewakili ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy dan kawan-kawan dibebankan target tinggi di ajang tersebut.

"Ya targetnya kami semifinal ya. Kalau target mudah mudahan itu bisa. Mungkin kalau kondisi bagus dan tidak ada kendala, bisa," ujar Amon ditemui di Pelatnas PBSI.

Baca Juga: Ganda Campuran PBSI Datangkan 1 Pelatih Tambahan

2. Perbaiki mental pemain

Ganda Campuran Targetkan Semifinal di Kejuaraan Dunia 2023Rinov Rinaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Indonesia Open 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jelang Kejuaraan Dunia 2023, Amon menyampaikan beberapa PR yang harus diperbaiki oleh Rinov/Pitha dan Rehan/Lisa. Perubahan pola main tiba-tiba saat mendadak tegang menghadapi lawan menjadi salah satunya.

Tak punya banyak waktu untuk memperbaiki sisi teknis, Amon memilih mempersiapkan mental para pemainnya untuk berlaga di Kejuaraan Dunia 2023.

"Kepercayaan dirinya sama yakin saja. Karena waktu pendek. Mau genjot di fisik dan teknik kan susah. Jadi kepercayaan dirinya," ujar Amon.

3. Target realistis?

Ganda Campuran Targetkan Semifinal di Kejuaraan Dunia 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati memenangkan medali emas SEA Games 2023 (dok. PP PBSI)

Melihat beban tinggi yang diletakkan di pundak para pemain ganda campuran Indonesia, pertanyaan terbesar tercipta. Sanggupkan Rinov/Pitha dan Rehan/Lisa mencapai target tersebut?

Melihat catatan Rinov/Pitha sepanjang 2023, keduanya sudah menjalani 11 pertandingan individu. Sejak Swiss Open 2023, performa Rinov/Pitha terbilang membaik meski belum konsisten. Keduanya sering bolak-balik melenggang ke babak perempat final turnamen yang digeluti. Termasuk di turnamen terakhir, Australia Open 2023 pekan lalu.

Sementara pasangan Rehan/Lisa punya catatan yang menunjukkan penurunan performa beberapa turnamen terakhir. Dari 13 turnamen individu yang diikuti sepanjang 2023, Rehan/Lisa sempat bolak-balik ke babak semifinal. Terakhir di ajang Orleans Masters 2023.

Namun, dalam enam turnamen terakhir, peraih medali emas SEA Games 2023 ini justru kandas di babak-babak awal.

Baca Juga: Daftar 15 Jagoan Bulutangkis RI yang Bakal Mentas Kejuaraan Dunia 2023

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya