Indonesia Belum Tentukan Jumlah Cabor untuk Asian Games 2022

Ada 40 cabor yang akan dipertandingkan

Jakarta, IDN Times - Tim Indonesia belum mencapai keputusan akhir soal berapa jumlah cabor yang akan diikuti di Asian Games 2022 Hangzhou, China, yang akan berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, menyatakan hal ini masih digodok bersama-sama.

Setidaknya, menurut Okto, mengatakan masih akan ada satu pertemuan lagi yang akan dilakukan bersama dengan para pemangku kepentingan olahraga Indonesia. Dari pertemuan itu, baru bisa ditentukan berapa cabor yang akan diikuti oleh Pasukan Merah Putih.

"Itu masih dievaluasi terus," ujar Okto, sapaan akrab Raja Sapta saat ditemui di lapangan Hoki GBK pada Rabu (16/8/2023).

1. Ditetapkan pekan depan

Indonesia Belum Tentukan Jumlah Cabor untuk Asian Games 2022Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari mengunjungi pelatnas hoki Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Okto tak mau prematur dalam mengumumkan soal berapa cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia. Dia memastikan, semua cabor yang potensial menyumbang medali harus dikirimkan.

"Kalau tidak salah (penetapannya) pekan depan," ujar Okto.

2. Target tertinggi untuk semua cabang olahraga

Indonesia Belum Tentukan Jumlah Cabor untuk Asian Games 2022Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari mengunjungi pelatnas hoki Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Terkait target, KOI berharap banyak atlet yang bisa meraih medali emas. Bahkan, dia berani menyematkan asa, semua cabor yang berangkat bisa meraih emas.

"Kalau dari saya, ya jawabannya cuma satu. Semua yang berangkat harus dapat emas. Itu tidak bisa ditawar. Semua harus optimistis. Cita-citanya gak boleh rendah, harus yang tertinggi," kata Okto lagi.

3. Ada 40 cabang olahraga yang bisa diikuti

Indonesia Belum Tentukan Jumlah Cabor untuk Asian Games 2022Logo Asian Games 2022 (twitter.com/19thAGofficial)

Asian Games 2022 Hangzhou, China akan mempertandingan 40 cabang olahraga. Ini terdiri dari 61 disiplin cabang dan 483 nomor pertandingan.

Hingga saat ini, Pasukan Garuda belum menentukan juga jumlah atlet yang akan diberangkatkan. Meski demikian, beberapa cabor memastikan diri tampil di Asian Games 2022 karena sudah lolos kualifikasi seperti cabor Hoki.

Baca Juga: Teka-Teki Abraham Damar, Masuk Roster Asian Games 2022?

Baca Juga: Menpora Sebut Timnas Indonesia Tetap Punya Target di Asian Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya