Jokowi Minta Timnas Panjat Tebing Sumbang Emas di Olimpiade 2024

Panjat Tebing ditargetkan raih medali emas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberi target khusus untuk Timnas panjat tebing Indonesia. Jokowi berharap Timnas panjat tebing bisa menyumbangkan emas di Olimpiade 2024, Paris.

Kemampuan Timnas panjat tebing, menurut Jokowi, sudah diakui oleh dunia. Makanya, dia meminta pula kepada Timnas panjat tebing untuk bisa berprestasi dalam Piala Dunia Panjat Tebing di Jakarta pada 24 hingga 26 September 2022 mendatang.

"Beliau mengingatkan kami agar prestasi tidak berhenti di sini, tapi berlanjut. Ujungnya, adalah nanti di Olimpiade Paris 2024, karena beliau memang memberikan target kepada kami bisa meraih medali emas," kata Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, dalam pertemuannya dengan Jokowi pada Rabu (21/9/2022).

1. Pertama kali Indonesia jadi tuan rumah

Jokowi Minta Timnas Panjat Tebing Sumbang Emas di Olimpiade 2024Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (21/9/2022). (dok. Sekretariat Presiden)

Piala Dunia Panjat Tebing 2022 terasa istimewa untuk Indonesia. Maklum, ini kali pertama Indonesia dipilih menjadi tuan rumah dari gelaran bergengsi ini.

"Ini adalah peristiwa yang sangat bersejarah karena pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia panjat tebing," kata Yenny.

Baca Juga: Indonesia Andalkan Nomor Speed di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

2. Kategori speed jadi andalan

Jokowi Minta Timnas Panjat Tebing Sumbang Emas di Olimpiade 2024Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin dalam ajang Speed and Lead World Cup di Villars, Swiss (https://gerakita.com/0

Yenny menegaskan, atlet panjat tebing Indonesia begitu berpeluang mencetak prestasi di kancah dunia. Para atlet kategiori speed, bahkan disebut Yenny, termasuk yang diperhitungkan dunia.

"Untuk kategori speed atau kecepatan, atlet-atlet Indonesia sangat diperhitungkan di dunia. Mereka memang punya kesempatan untuk mengharumkan nama bangsa," ujar Yenny.

3. FPTI datangkan tembok dari Eropa demi Piala Dunia

Jokowi Minta Timnas Panjat Tebing Sumbang Emas di Olimpiade 2024Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) datangkan tembok dari Eropa untuk Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (dok. PP FPTI)

FPTI merogoh kocek hingga nyaris Rp30 miliar demi mendatangkan tembok untuk digunakan di Piala Dunia Panjat Tebing. Tembok itu akan didirikian di kawasan SCBD, Jakarta, yang menjadi venue ajang bergengsi tersebut.

Sebanyak dua tembok didatangkan dari Eropa dengan biaya keseluruhan dua juta dolar AS atau setara dengan Rp29,6 miliar.

"Total semuanya, karena gak mungkin temboknya saja, ada konstruksi lokal lah, segala macam, untuk bongkar pasang. Semua ya sekitar mungkin sekitar dua juta dolar," ujar Yenny.

Baca Juga: Indonesia Andalkan Nomor Speed di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

Baca Juga: Panjat Tebing Keluar Duit Nyaris Rp30 Miliar Demi Tembok Piala Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya