Jonatan Christie Merangsek ke Lima Besar Dunia!

Geser posisi Kunlavut Vitidsarn

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menggeser ranking yang ditempati anak ajaib asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn. Dia masuk jajaran lima besar tunggal putra dunia per 31 Oktober usai jadi kampiun di French Open 2023.

Posisi Jonatan bahkan hanya selisih tipis dengan Li Shi Feng yang berada satu peringkat di atasnya. Sementara puncak klasemen tunggal putra masih belum tergeser.

1. Naik dua peringkat, Jonatan ada di posisi keempat

Jonatan Christie Merangsek ke Lima Besar Dunia!Jonatan Christie keluar sebagai juara di French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Menjuarai French Open 2023, Jonatan Christie menempati ranking empat dunia versi BWF. Dia naik dua peringkat dan mengantongi 81.871 poin.

Jonatan hanya selisih satu poin di bawa Li Shi Feng yang mengantongi 81.948 poin. Artinya, Jonatan hanya selisih 77 poin dari Li Shi Feng.

Jonatan tercatat jadi tunggal putra Indonesia kedua yang masuk dalam jajaran lima besar dunia setelah Anthony Sinisuka Ginting di posisi kedua.

Baca Juga: Jonatan Christie Juara French Open 2023!

2. Geser anak ajaib dari Thailand

Jonatan Christie Merangsek ke Lima Besar Dunia!Tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn (https://bwfworldchampionships.bwfbadminton.com/)

Atas pencapaian Jonatan, Kunlavut kini harus puas merosot posisinya ke ranking enam dunia. Dia tercatat baru mengoleksi 79.778 poin.

Sebelumnya, Kunlavut sempat mengejutkan dengan menggondol gelar Juara Dunia 2023 pada Agustus 2023. Namun, setelah prestasi paling prestisius itu, penampilannya terbilang menurun.

Atlet tepok bulu yang dijuluki si anak ajaib dari Thailand ini bahkan tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2022 Hangzhou pada awal Oktober 2023 lalu.

3. Puncak klasemen tak tergeser

Jonatan Christie Merangsek ke Lima Besar Dunia!Podium tunggal putra di Indonesia Open 2023 (dok. PP PBSI)

Klasemen tunggal putra dunia masih dipuncaki wakil Denmark, Viktor Axelsen. Mengantongi 101.355 poin, dia masih terlalu perkasa untuk dijatuhkan pesaing-pesaingnya.

Menyusul di peringkat kedua, Anthony Sinisuka Ginting masih nyaman dengan catatan 86.611 poin. Juara Asia 2023 ini belum juga tergeser meski sudah tiga turnamen berturut-turut terhenti di perempat final.

Baca Juga: 10 Potret Aksi Jonatan Christie di Final French Open 2023, Jadi Juara!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya