Kalender Olahraga 2024, dari Timnas Hingga Piala Eropa

Dari sepak bola, bulu tangkis, hingga tinju

Jakarta, IDN Times - Sejumlah event olahraga berkelas dunia akan berlangsung sepanjang 2024. Tentunya, deretan turnamen single dan multi yang digelar, bakal memanjakan para penggila olahraga di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Timnas Indonesia di seluruh level, dipastikan akan padat agenda sepanjang 2024. Ada sejumlah turnamen yang harus mereka ikuti.

Sementara itu, ada juga pesta sepak bola terbesar di Eropa, Euro 2024, yang akan digelar, selain Olimpiade 2024. Berikut ini IDN Times sajikan sejumlah agenda olahraga sepanjang 2024.

1. Timnas padat agenda di 2024

Kalender Olahraga 2024, dari Timnas Hingga Piala EropaTimnas U-22 lawan Lebanon. (Dok. PSSI)

Timnas berkiprah dalam sejumlah turnamen besar sepanjang 2024. Terdekat, Timnas senior harus mengarungi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar.

Bukan perkara mudah untuk bersaing di turnamen ini. Sebab, Timnas tergabung dalam Grup D bersama dua raksasa Asia, Jepang serta Irak, dan rivalnya di Asia Tenggara, Vietnam.

Selang tiga bulan, giliran Timnas U-23 yang berlaga di Piala Asia pula. Tugas Garuda Muda juga tak mudah di Piala Asia U-23. Mereka dikepung oleh Qatar, Australia, dan Yordania, dalam turnamen ini.

Kemudian, di akhir tahun, Timnas senior kembali berlaga. Kali ini, mereka berkiprah di Piala AFF 2024. Ada potensi turnamen paling akbar di Asia Tenggara itu masuk dalam kalender resmi FIFA, setelah Presiden Gianni Infantino menyaksikan final pada edisi 2022 lalu.

Baca Juga: Mimpi Tinggi 2 Pemain Timnas Kalahkan Jepang dan Irak di Piala Asia

2. Pertemuan bersejarah Oleksandr Usyk dan Tyson Fury

Tinju dunia bisa menciptakan sejarah di 2024. Pada tahun ini, dua petinju papan atas, Oleksandr Usyk dan Tyson Fury dijadwalkan untuk berduel.

Menariknya, duel digelar pada 17 Februari 2024 di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi. Partai Usyk versus Fury begitu dinantikan penikmat tinju dunia, karena digadang-gadang bisa melewati popularitas Rumble in the Jungle 1974 lalu, yang dianggap sebagai duel tinju terbesar yang pernah ada.

3. Piala Thomas dan Uber 2024

Kalender Olahraga 2024, dari Timnas Hingga Piala EropaSkuad Thomas dan Uber Cup Indonesia (Dok.IDN Times/PBSI)

Beralih ke cabang olahraga bulu tangkis, satu agenda akbar direncanakan akan berlangsung di China. Piala Thomas dan Uber kembali hadir dan Chengdu menjadi tuan rumah.

Tim beregu putra akan berebut membawa pulang Piala Thomas. Sementara, tim beregu putri akan berebut piala Uber. Turnamen ini direncanakan berlangsung pada 27 April hingga 5 Mei 2024 mendatang.

4. Dari Piala Afrika, Copa America, hingga Euro 2024

Kalender Olahraga 2024, dari Timnas Hingga Piala EropaHungaria menang 3-1 atas Montenegro di kualifikasi Euro 2024. (twitter.com/MLSZhivatalos)

Selain dari kawasan Asia, pesta sepak bola di berbagai benua juga digelar. Ada Piala Afrika yang akan bergulir bersamaan dengan Piala Asia.

Kemudian, yang paling dinantikan adalah bergulirnya Euro dan Copa America sepanjang 2024. Baik Euro dan Copa America memang dinantikan penggila bola dunia.

Sebab, kedua turnamen itu selalu menyajikan tontonan kelas wahid. Bagaimana tidak, para peserta di dua turnamen itu merupakan raksasa dan kiblatnya sepak bola dunia.

Euro digelar mulai 14 Juni hingga 14 Juli 2024 di Jerman. Sementara, Copa America bergulir nyaris bersamaan di Amerika Serikat, 20 Juni hingga 14 Juli 2024.

5. Olimpiade 2024 Paris

Kalender Olahraga 2024, dari Timnas Hingga Piala Eropalogo Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Pesta olahraga terbesar dunia, Olimpiade, juga digelar pada 2024 di Paris, Prancis. Rencananya, turnamen multievent ini berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang.

Olimpiade 2024 dipastikan akan menciptakan sejarah. Itu karena upacara pembukaan digelar di luar stadion untuk pertama kalinya. Nantinya, upacara pembukaan diselenggarakan di Sungai Seine.

Sejauh ini, Tim Indonesia sudah meloloskan lima atletnya seperti Arif Dwi Pangestu (panahan), Desak Made Rita (panjat tebing), Rifda Irfanalitfi (senam artistik), Diananda Choirunisa (panahan), dan Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing). Jumlahnya bisa bertambah, karena kualifikasi masih berlangsung.

Baca Juga: Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia Baru Komplet Tahun Depan

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya