Kevin Sanjaya Cari Pasangan Baru, Punya Hak Veto

Kevin butuh tandem usai Marcus cedera

Jakarta, IDN Times - Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, bakal menyiapkan tandem baru sementara buat Kevin Sanjaya. Kebijakan ini diambil karena Marcus Fernaldi Gideon harus menjalani prosedur operasi karena cedera, pun harus memulihkan diri dalam waktu yang lama.

Namun, Herry IP menyatakan kalau pasangan Kevin harus bisa klop dengan cepat. Makanya, Herry IP memberikan keleluasaan kepada Kevin buat memilih pasangannya sendiri.

"Kami carikan partner untuk pertandingan. Kami coba pasangkan (dengan) Kevin. Nanti dia yang pilih," kata Herry IP ditemui di kawasan Senayan pada Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Pelatih Sebut Kevin/Marcus Bisa Dicerai Sebelum Olimpiade Paris

1. Siapa calon pasangan Kevin?

Kevin Sanjaya Cari Pasangan Baru, Punya Hak VetoKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Meski Kevin diberi hak veto, tapi tim pelatih tetap akan memilih kandidatnya terlebih dulu. Para pemain yang terpilih, nantinya akan dicoba buat main bareng Kevin di sejumlah turnamen.

"Pasangannya belum ada. Kemungkinan dari pratama atau pelapisnya. Nanti, kami bicarakan lagi. Mungkin dalam pekan ini baru ketahuan," kata Herry IP.

2. Tidak akan debut dalam waktu dekat

Kevin Sanjaya Cari Pasangan Baru, Punya Hak VetoPelatih Kepala Ganda Putra PBSI, Herry Iman Pierngadi IDN Times/Margith Juita Damanik)

Herry IP masih tak mau bicara soal kapan Kevin dan pasangan barunya akan dimainkan. Menurut dia, masih banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum menentukan turnamen mana yang akan diikuti.

"Belum, nanti Kevin pilih dulu siapa. Kami hitung total poinnya berapa, bisa ikut (turnamen) di mana. Karena, tiap turnamen itu ada persyaratannya," kata Herry IP.

Sejatinya, Kevin/Marcus diagendakan berlaga pada Korea Open, 18 hingga 23 Juli 2023 mendatang. Namun, pasangan yang akrab disapa The Minions ini dipastikan absen.

Herry IP juga memastikan Kevin tidak akan tampil dengan pasabgab baru di ajang tersebut. "Kalau Korea (Open) gak keburu (pasangan baru). Kevin absen," kata Herry IP.

3. Bukan untuk Olimpiade

Kevin Sanjaya Cari Pasangan Baru, Punya Hak VetoKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Herry IP menegaskan, pasangan baru Kevin nanti tidak diproyeksikan untuk berebut tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Gambaran Herry IP buat Kevin demi tiket Paris 2024, adalah bersama Marcus.

Selain menunggu pulihnya Marcus, pasangan baru Kevin diharapkan bisa menjadi modal baik bagi regenerasi ganda putra PBSI. Pemain muda yang dipasangkan dengan Kevin diharapkan mendapatkan jam terbang yang lebih matang untuk membawa generasi selanjutnya bisa siap bersaing di kancah elite dunia.

"Ada dua tujuan. Satu, sambil menunggu Marcus balik lagi. Lihat kondisi seperti apa, memungkinkan atau tidak. Kedua, untuk generasi selanjutnya buat di ganda putra," kata Herry IP.

Baca Juga: Herry IP Pastikan Kevin/Marcus Turun di Turnamen Super 300

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya