Kevin/Marcus Angkat Koper dari Malaysia Masters 2023

Lanjut ke turnamen berikutnya

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, harus angkat koper dari Malaysia Masters 2023. Ini terjadi usai mereka menelan kekalahan di babak 16 besar, Kamis (25/5/2023).

Kevin/Marcus kalah dua gim langsung saat menghadapi pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Bertanding di Axiata Arena, mereka menyerah dengan skor 21-15, 21-17.

1. Kevin/Marcus tak keluar dari tekanan

Kevin/Marcus Angkat Koper dari Malaysia Masters 2023Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia 2022 (dok. PP PBSI)

Sejak service pertama dilepaskan, Kevin/Marcus tak bisa keluar dari tekanan permainan lawan. Mereka terus ditekan pasangan Hoki/Kobayashi sejak service pertama dilepaskan. 

Tak banyak serangan yang mampu dikerahkan Kevin/Marcus di babak pertama. Pertahanan pasangan yang akrab disapa The Minions itu pun tak cukup kuat untuk menghalau serangan Hoki/Kobayashi.

Di game kedua, Kevin/Marcus sejatinya mencoba mengambil insiatif serangan. Pertandingan berlangsung ketat di babak kedua. Kevin/Marcus sempat unggul hingga 17-15.

Siapa sangka, angka itu malah jadi malapetaka untuk The Minions. Hoki/Kobayashi menyalip enam angka tanpa balas dan mengunci kemenangan.

Baca Juga: Kualifikasi Olimpiade Dimulai, Kevin/Marcus Siap Bersaing

2. Laga mantan ranking satu dunia

Kevin/Marcus Angkat Koper dari Malaysia Masters 2023Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dalam ajang Denmark Open 2021 (Instagram.com/bwf.official)

Laga ini menjadi laga panas di babak 16 besar Malaysia Masters 2023. Bagaimana tidak? Laga ini merupakan duel pasangan mantan ranking satu dunia.

Kevin/Marcus lama menduduki singgasana ranking satu dunia ganda putra. Namun, sejak performa mereka menurun, Hoki/Kobayashi sempat menggantikan posisi The Minions. Tepatnya sejak September 2022 lalu.

Tak sampai satu tahun, Hoki/Kobayashi mengalami penurunan performa juga. Kini, keduanya menempati ranking tujuh dunia, tepat dibawah pasangan senior Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Posisi puncak ditempati pasangan Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sementara The Minions berada di ranking 18 dunia.

3. Bersiap untuk Thailand Open 2023

Kevin/Marcus Angkat Koper dari Malaysia Masters 2023Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia 2022 (dok. PP PBSI)

Angkat koper dari gelaran Malaysia Masters 2023, Kevin/Marcus bersiap untuk mengikuti turnamen selanjutnya. Ditemui beberapa waktu lalu di Pelatnas PBSI Cipayung, Marcus mengatakan rencananya akan mengikuti seluruh rangkaian tur Asia Tenggara yang akan berlangsung.

"Ikut semua sampai Indonesia. Kan sudah lama gak main, mau tes juga, persiapan Olympic juga, mau coba," ujar Marcus kala itu.

Perjalanan dari turnamen Malaysia Masters 2023 akan dilanjutkan dengan Thailand Open 2023, Singapore Open 2023, dan Indonesia Open 2023.

Baca Juga: Main Cepat, Kevin/Marcus Menang Mudah di Piala Sudirman 2023

Baca Juga: Kualifikasi Olimpiade Dimulai, Kevin/Marcus Siap Bersaing

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya