Kloter Terakhir Tim Paralimpiade Indonesia Tiba di Tanah Air

Mereka ditunggu Presiden Jokowi di istana

Jakarta, IDN Times - Kloter terakhir kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo 2020 tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (7/9/2021) pukul 04.00 WIB. Mereka disambut Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddina Amali dan Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selamat datang kepada Kontingen Indonesia yang baru saja berjuang dan telah mengharumkan nama bangsa di kancah multievent olahraga paralimpiade Tokyo tahun 2020," kata Menpora dalam sambutannya kepada kontingen Indonesia.

1. Para peraih medali

Kloter Terakhir Tim Paralimpiade Indonesia Tiba di Tanah AirPenyambutan kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 Indonesia tiba di Tanah Air (YouTube.com/ Kemenpora RI)

Lebih kurang 14 atlet Paralimpiade Indonesia tiba di tanah air, termasuk peraih dua medali emas dan satu medali perak cabang olahraga para-badminton, Leani Ratri Oktila.

Selain itu ada pula Hary Susanto, Dheva Anrimusthi, Suryo Nugroho, Khalimatus Sadiyah, Ukun Rukaendi, dan Fredy Setiawan dari cabor para-badminton.

Ada pula atlet cabor lain seperti Putri Aulia, Elvin Elhudia Sesa, Famini, Jaenal Aripin, Setiyo Budi Hartanto, Karisma Evi Tiarani, dan peraih medali perunggu para-atletik Sapto Yogo Purnomo.

Baca Juga: Jokowi ke Atlet Paralimpiade RI: Saya Tunggu Semuanya di Istana

2. Kontingen Indonesia akan disambut presiden Jokowi

Kloter Terakhir Tim Paralimpiade Indonesia Tiba di Tanah AirMenpora Zainuddin Amali dalam penyambutan kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 Indonesia tiba di Tanah Air (YouTube.com/ Kemenpora RI)

Menpora menyampakan salam dari presiden Joko "Jokowi" Widodo kepada seluruh kontingen Indonesia yang tiba pagi ini. Selain itu, Menpora juga menyebutkan presiden Jokowi akan menjamu langsung para atlet Paralimpiade usai menjalani masa karantina.

"Beliau (Jokowi) menyampaikan pesan nanti setelah selesai pelaksanaan karantina akan diatur jadwal para atlet, pelatih, dan Kontingen Indonesia akan diterima langsung oleh Bapak Presiden di Istana," ujar Menpora.

3. Fokus selanjutnya adalah Paris 2024

Kloter Terakhir Tim Paralimpiade Indonesia Tiba di Tanah AirKetua NPC Indonesia Senny Marbun dalam penyambutan kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 Indonesia tiba di Tanah Air (YouTube.com/ Kemenpora RI)

Menpora menyebutkan prestasi Indonesia memang meningkat tajam dibanding dengan Paralimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu di Brasil. Hal ini juga disampaikan ketua National Paralympic Committe (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

"Di Rio de Jeneiro kami hanya berangkat sembilan atlet dan memperoleh satu medali perunggu di paralympic saat ini kami bisa berangkat 23 atlet dan berhasil mendapatkan 2 medali emas, 3 medali perak, 4 perunggu," ujar Senny.

Meski capain wakil Indonesia terbilang memuaskan, Menpora mengingatkan evaluasi akan segera dilakukan untuk menyongsong perhelatan Paralimpiade Paris 2024 mendatang.

"Setelah ini kita akan evaluasi untuk persiapan kita Olympic dan paralympic Paris 2024," ujar Menpora.

Baca Juga: Srikandi Indonesia Berjaya di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya