Laga Panas Prematur Jonatan Christie Vs Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia

Kembali bersua di laga panas

Jakarta, IDN Times - Hasil undian Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 menyajikan laga panas prematur di sektor tunggal putra. Jagoan Indonesia, Jonatan Christie akan berduel melawan tunggal Malaysia, Lee Zii Jia, di babak pertama turnamen yang akan berlangsung di Copenhagen, Denmark, pada 21-27 Agustus 2023 mendatang.

Ini terbilang jadi laga yang paling dinantikan. Maklum, laga Jojo kontra Lee Zii Jia selalu berlangsung ketat. Yang juga jadi sorotan, performa keduanya sedang naik turun. Adu konsistensi, jadi perhatian penikmat bulu tangkis dari laga ini.

1. Jojo masih unggul

Laga Panas Prematur Jonatan Christie Vs Lee Zii Jia di Kejuaraan DuniaLee Zii Jia(bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Jojo sudah tujuh kali bersua dengan Lee Zii Jia sepanjang karier profesionalnya. Dalam pertemuan itu, Jojo menang tipis, 4-3, atas Lee Zii Jia.

Namun, Jojo harus waspada. Karena pertemuan terakhir di Denmark Open 2022 dimenangkan Lee Zii Jia dengan skor 21-16, 18-21, 21-18. Pun, kemenangan terakhir Jojo atas Lee Zii Jia sudah sangat lama, yakni Singapore Open 2019.

Baca Juga: Undian Kejuaraan Dunia 2023: Jonatan Christie Jumpa Lee Zii Jia

2. Panggung pembuktian konsistensi Jonatan Christie

Laga Panas Prematur Jonatan Christie Vs Lee Zii Jia di Kejuaraan DuniaJonatan Christie di Malaysia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Kejuaraan Dunia 2023 akan jadi panggung pembuktian bagi Jojo. Sebab, performa Joho sepanjang 2023 begitu inkonsisten. 

Setelah mencapai perempat final Indonesia Open 2023, Jojo sempat menembus final Japan Open 2023 dan keluar sebagai runner-up. Namun, pada Australia Open 2023, performa Jojo kembali menurun.

Jojo kembali gugur di fase awal turnamen. Jojo tumbang di babak 16 besar Australia Open 2023 usai melawan wakil Malaysia, Ng Tze Yong.

3. Lee Zii Jia sedang bangkit

Laga Panas Prematur Jonatan Christie Vs Lee Zii Jia di Kejuaraan DuniaLee Zii Jia di All England 2022 (Instagram.com/bwf.official)

Beda dengan Jojo, Lee Zii Jia malah sedang bangkit. Di Australia Open 2023, Lee Zii Jia mengalahkan Ng Tze Yong yang menyingkirkan Jojo dan menembus semifinal.

Pencapaian monumental bagi Lee Zii Jia. Ini jadi kali pertama Lee Zii Jia terbebas dari kutukan gugur di babak awal yang menimpanya dalam lima turnamen terakhir.

Mantan tunggal putra terbaik Malaysia itu sempat terlihat frustrasi dengan hasil yang diraihnya. Lee Zii Jia terakhir kali menyentuh semifinal pada Swiss Open 2023. Kala itu, dia dikalahkan wakil Jepang, Koki Watanabe dua gim langsung dengan skor 11-21, 14-21.

Baca Juga: Bangkitnya Lee Zii Jia di Australia Open 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya